Advertisement

Peta Hasil Pileg 2024 Sleman, PDIP Yakin Amankan 15 Kursi

David Kurniawan
Senin, 19 Februari 2024 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Peta Hasil Pileg 2024 Sleman, PDIP Yakin Amankan 15 Kursi Pemungutan Suara / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Proses perhitungan suara untuk hasil Pemilu 2024 masih berlangsung hingga sekarang. Meski demikian, DPC PDI Perjuangan Sleman optimistis mengamankan 15 kursi, dari total 50 kursi DPRD Sleman.

“Kami yakin bisa mengamankan 15 kursi dan mungkin bisa melebihi raihan di Pemilu 2019 (15 kursi),” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Sleman, Koeswanto saat dihubungi Senin (19/2/2019).

Advertisement

Rasa optimistis yang dimiliki partai berlambang banteng moncong putih ini terlihat dari hasil real count KPU. Dari enam dapil di Kabupaten Sleman, PDI Perjuangan menjadi peraih suara terbanyak, meski hingga sekarang proses perhitungan masih berlangsung.

Sebagai contoh di Dapil 1 memimpin dengan perolehan 28,77% dari suara yang masuk. Hal yang sama terlihat untuk Dapil 2, 3, 4 dan 5 unggul jauh dengan raihan di kisaran 24-38,3%.

Adapun di Dapil 6 terjadi persaingan ketat dengan parta lain. Di dapil ini PDI Perjuangan memimpin dengan 18,16%, kemudian disusul PKS dengan 17,07%, PPP dengan raihan 15,65% dan PAN 13,5% dari total suara yang sudah masuk.

Meski demikian, Koeswanto belum mau membeberkan siapa caleg yang lolos sebagai wakil rakyat. Ia berdalih proses perhitungan masih berlangsung dan juga ada potensi pemungutan suara ulang. “Jadi untuk pastinya masih menunggu proses perhitungan selesai dilakukan,” katanya.

Senada diungkapkan oleh Ketua DPC Gerindra Sleman, Hari Sukaptana. Berdasarkan rekap yang dilakukan secara internal optimistis meraih enam kursi DPRD Sleman. “Sama seperti di Pemilu 2019, kami yakin bisa memeroleh enam kursi di pemilihan kali ini,” katanya.

Menurut Sukaptana, porsi sebaran kursi tersebar merata di enam dapil di Kabupaten Sleman. “Masing-masing dapil, kami yakin memeroleh satu kursi,” katanya.

BACA JUGA: PDIP dan PKB Sleman Pastikan Penuhi Kuota 30 Persen Bacaleg Perempuan

Ketua DPD PKS Sleman, Indra Gumilar mengatakan, proses perhitungan suara hasil pemilu masih berlangsun. Namun demikian, ia optimistis di Pemilu 2024 bisa mempertahankan kursi yang diraih lima tahun lalu. “Masih proses dan yang jelas enam kursi aman, Insya Allah,” katanya.

Meski demikian, dia belum bisa merinci siapa caleg yang terpilih menduduki posisi wakil rakyat di periode 2024-2029. “Belum bisa dipublikasikan dan nanti KPU juga akan mengumumkan secara resmi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB Kerahkan Helikopter untuk Evakuasi Korban Erupsi Gunung Raung

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement