Advertisement

Event Lari CTC 2024 Diikuti 24 Negara, Dongkrak Lama Kunjungan Wisatawan ke DIY

David Kurniawan
Selasa, 20 Februari 2024 - 19:17 WIB
Sunartono
Event Lari CTC 2024 Diikuti 24 Negara, Dongkrak Lama Kunjungan Wisatawan ke DIY PLH Kepala Dinas Pariwisata DIY, Anita Verawaty (tengah) bersama panitia saat memberikan keterangan dalam jumpa pers CTC 2024 di Suko Wine Lounge, Hotel Sheraton di Kalurahan Maguwoharjo, Depok, Selasa (20/2/2024). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Gelaran sports tourism dinilai bisa meningkatkan kunjungan maupun lama tinggal wisatawan di DIY. Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Harian Kepala Dinas Pariwisata DIY, Anita Verawati dalam jumpa pers Event Coast to Coast Night Trail Ultra (CTC) 2024 di Suko Wine Lounge, Hotel Sheraton di Kalurahan Maguwoharjo, Depok, Selasa (20/2/2024).

“Sport tourism bisa mendatangkan wisatwaan. Contohnya CTC 2024 yang digelar 24-25 Februari,” kata Anita, Selasa.

Advertisement

Menurut dia, keberadaan sports tourism mulai berkembang sejak adanya pandemi. Di satu sisi Masyarakat ingin sehat sehingga melakukan olahraga dengan cara healing melalui wisata. “Makin marak setelah pandemi selesai. Sport tourism di DIY makin diminati,” katanya.

Oleh karena itu, Anita mengakui akan terus mengembangkan even sports tourism di wilayah DIY. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kunjungan maupun lama tinggal wisatawan.

“Sekarang ini mengharapkan bisa tinggal lama dan membelanjakan uangnya lebih banyak lagi. Melalui even sports tourism seperti CTC 2024 akan sangat membantu dikarenakan pesertanya banyak dari luar negeri,” katanya.

Race Director CTC 2024, Roostian Gamananda mengatakan, total ada 3.200 peserta yang mengkitui kegiatan ini. Peserta yang hadir tidak hanya dari dalam negeri karena ada pelari dari 24 negara yang memastikan ikut dalam even CTC. “Ada dari Timor Leste, Vietnam, Thailand, Malaysia, Pakistan, Russia, Jerman, Belanda, Prancis hingga Colombia,” katanya.

Menurut dia, pelaksanaan di tahun ini bertemakan gathering yakni untuk menggalakkan trail running untuk semua kalangan. “Kami ingin menggalakkan trail running. Antusias pesertanya sangat luar biasa,” ungkap Roostian.

Rute CTC 2024 melewati spot wisata pesisir Selatan DIY dengan jarak mulai dari lima kilometer cross country, 15K, 30K, 50K dan 80K. “Event ini sekaligus mengenalkan potensi pariwisata di DIY, khususnya di sisi Selatan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement