Advertisement

Tol Jogja-Solo Dibuka Fungsional saat Mudik Lebaran 2024, Sepanjang 25 Kilometer hingga Kota Klaten

Catur Dwi Janati
Jum'at, 23 Februari 2024 - 09:27 WIB
Sunartono
Tol Jogja-Solo Dibuka Fungsional saat Mudik Lebaran 2024, Sepanjang 25 Kilometer hingga Kota Klaten Sejumlah kendaraan melintasi jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (21/12/2023). Jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta akan dibuka pada (22/12) pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB untuk kendaraan golongan I saat arus mudik Natal 2023. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho - nz. \\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Tol Jogja-Solo akan dibuka kembali secara fungsional pada saat momentum arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 mendatang. Pembukaan Tol Jogja-Solo Fungsional itu panjang ruasny ditarget bertambah hingga 10 sampai 13 kilometer atau total sekitar 23-25 kilometer.

Sebelumnya pada momen libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024 lalu, jalur Tol Fungsional Jogja-Solo dibuka sepanjang 13 kilometer. Jalur fungsional itu membentang dari Kartasura, Sukoharjo sampai Karanganom, Klaten tesebut tercatat dilewati 107.321 kendaraan saat dibuka selama 10 hari. 

Advertisement

BACA JUGA : Begini Update Terkini 12 Tanah Wakaf Terdampak Tol di Sleman

Manajer Humas PT Jasamarga Jogja Solo, Rachmat Jasiman menyatakan pembukaan jalur tol Jogja-Solo Fungsional akan kembali dilakukan pada Lebaran 2024 mendatang. Ia menargetkan penambahan panjang ruas tol Jogja-Solo Fungsional ini antara 10-13 kilometer atau sekitar 25 kilometer jika dihitung dari Kartasura.

"Target kami untuk Lebaran itu sekitar 23-25 kilometer," katanya pada Selasa (20/2/2024).

Tambahan jalur fungsional sepanjang 10-13 kilometer tersebut nantinya membuat pengendara tidak hanya sampai di wilayah Karanganom Klaten melainkan diestimasi sampai di Klaten bagian wilayah kota atau area Kota Klaten. "Mudah-mudahan bisa tembus sampai ke [Klaten] kota. Kalau pun belum mungkin sebelum Klaten kota," ujarnya. 

Tambahan jalur fungsional tersebut nantinya diharapkan telah digarap secara rigid pavement. Rigid pavement atau perkerasan beton semen merupakan metode yang kerap dipakai di berbagai ruas jalan tol di Indonesia.

BACA JUGA : Pengembang Sebut 13 Km Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Dibuka Saat Lebaran

"Untuk target kami sampai dengan 23-25 kilometer itu mudah-mudahan sudah di-rigid [pavement] semua ya. Mudah-mudahan target kami seperti itu tidak ada halangan," ungkapnya. 

Ia berharap sepekan sebelum lebaran, target 10-13 kilometer tambahan jalan tol tersebut bisa tercapai. "Mudah-mudahan sebelum lebaran atau H-7 bisa selesai," ujarnya. 

Meski masih serig terjadi hujan, Rachmat menegaskan aktivitas pengerjaan proyek tol Jogja-Solo masih terus berlangsung. Pihak pengembang tol Jogja-Solo berusaha secepat mungkin untuk menyelesaikan target tersebut. Tambahan jalan tol jogja-solo fungsional tersebut dapat membantu para pemudik pada momen lebaran. "Iya betul [membantu pemudik]," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bisnis Data Center NeutraDC Hadir Sebagai Penyedia AI Enabler di Indonesia Cloud & Datacenter Convention 2024

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement