Advertisement

Sultan Dukung Smart City Berbasis Keselamatan Lalu Lintas, Antisipasi Dampak Tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen

Yosef Leon
Sabtu, 24 Februari 2024 - 16:07 WIB
Sunartono
Sultan Dukung Smart City Berbasis Keselamatan Lalu Lintas, Antisipasi Dampak Tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan memberikan keterangan kepada wartawan tentang penerapan smart city fi wilayah setempat, Sabtu (24/2/2024. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mendukung langkah Polri yang akan mengembangkan program smart city berbasis algoritma road safety atau keselamatan lalu lintas. Program ini diharapkan turut menjadi solusi mengatur lalu lintas khususnya ketika tol di DIY, khususnya Jogja-Solo dan tol Jogja-Bawen beroperasi

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku siap berkolaborasi dengan Polri untuk pengembangan smart city tersebut. Pihaknya akan berupaya membangun afiliasi dengan lembaga-lembaga lain termasuk Polri untuk mendukung keberhasilan smart city. 

Advertisement

BACA JUGA : Pembangunan Tol Jogja-Bawen Dilanjutkan 6 Seksi, Ini Rincian Jalurnya

HB X mengatakan Jogja butuh penanganan lebih terkait lalu lintas terutama ketika tol Jogja-Solo dan Jogja-Bawen beroperasi. “Smart city ini dibutuhkan oleh banyak pihak, himpunan-himpunan, kampus, mall, toko dan sebagainya juga untuk mengatur penyelenggaraan layanan lalu lintas. Jogja memang bukan kota metropolitan, tapi nanti tol [Jogja-Solo dan Jogja-Bawen] sudah selesai, pasti perlu penanganan lebih, agar lalu lintas tidak makin crowded [macet],” jelas Sultan, Sabtu (24/2/2024). 

Sultan mengatakan, melalui smart city yang nantinya juga terintegrasi dengan smart province ini pemerintah dapat mengatur bagaimana keamanan dan kenyamanan lalu lintas. Inovasi itu juga dapat memetakan bagaimana kepadatan lalu lintas serta menangani potensi kejahatan. 

Sultan juga menambahkan, DIY lebih dari siap untuk saling bersinergi dengan program Polri tersebut. Saat ini DIY sedang mengembangkan pemasangan kabel optik hingga ke pelosok kalurahan guna mendukung kebutuhan koneksi internet. Hal ini sebagai antisipasi tower BTS yang dapat tumbang karena faktor alam. 

BACA JUGA : Rest Area Direncanakan Dibangun di Dua Exit Tol Jogja Solo di Kulonprogo, Begini Desainnya

“Peristiwa 2010 [erupsi Merapi] banyak menara BTS yang runtuh terbakar, hingga HP tidak berfungsi. Sehingga maunya memudahkan untuk pertolongan jadi tidak bisa. Kami coba cari alternatif dengan kabel optik ini siapa tahu kalau ada bencana, kabel ini tidak rusak, masih ada pilihan untuk pertolongan bisa lebih cepat,” kata Sultan.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan menyebut, pembangunan smart city berbasis Algoritma Road Safety bertujuan untuk keselamatan berlalu lintas di jalan. Polri dan Pemda DIY sudah sepakat untuk saling mendukung program tersebut.

“Di DIY ada Smart Province, ini nanti akan berkolaborasi dengan smart city yang berbasis road safety ini. Beliau [Sultan HB X] mendukung kolaborasi untuk membangun Yogyakarta yang pintar. Kami akan memanfaatkan ini untuk membangun efisiensi yang sudah ada di Jogja,” kata Aan.

Program Polri khususnya Polantas ini memang diinisiasi untuk mendapatkan data terkait dengan kelancaran lalu lintas di Jogja. Nantinya apabila sudah berjalan, kota-kota lain akan mereplika teknologi itu. Program ini akan dapat menghitung kapan harus melakukan rekayasa lalu lintas dengan algoritma yang ada. Misalnya, pembangunan flyover, durasi traffic light, jumlah kendaraan pada ruas-ruas jalan tertentu.   

“Ini juga untuk memetakan keamanan secara keseluruhan dari kepolisian. Dengan banyaknya informasi yang kita dapat ini, bisa berkontribusi untuk mengamankan Jogja. Untuk proyeksi tingkat keberhasilan, dengan Ngarso Dalem yang sudah mendukung kegiatan, Insya Allah bisa kita maksimalkan hasilnya. Yang terpenting kolaborasi, sehingga pemanfaatannya bisa untuk Polri, untuk provinsi dan untuk masyarakat tentunya,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mau Mengikuti Rangkaian Acara Waisak di Candi Borobudur? Simak Aturannya!

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement