Advertisement

BPBD DIY Perpanjang Masa Siaga Darurat Bencana Sampai 31 April 2024

Yosef Leon
Rabu, 28 Februari 2024 - 17:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
BPBD DIY Perpanjang Masa Siaga Darurat Bencana Sampai 31 April 2024 Ilustrasi cuaca buruk. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—BPBD DIY memutuskan untuk memperpanjang masa siaga darurat bencana mulai 1 Maret sampai dengan 31 April 2024 mendatang. Sebelumnya siaga darurat bencana berlangsung pada 20 Desember 2023 sampai 29 Februari 2024.

Kepala BPBD DIY Noviar Rahmad mengatakan melihat kondisi cuaca ekstrem beberapa waktu terakhir dan juga peringatan dini yang disampaikan BMKG maka siaga darurat bencana diperpanjang di wilayah setempat. "Berdasarkan peringatan dini yang dikeluarkan oleh BKMG diperkirakan bahwa 1 Maret-31 April itu kita akan menghadapi curah hujan yang cukup tinggi," katanya Rabu (28/2/2024).

Advertisement

Dengan perpanjangan masa siaga darurat bencana itu, Noviar menyebutkan bahwa pihaknya telah melakukan sejumlah mitigasi di antaranya memangkas pohon yang berpotensi tumbang serta menyiagakan seluruh relawan yang ada di seluruh DIY. "Ada 339 kelurahan tangguh bencana yang kita siagakan untuk segera melakukan pertolongan apabila ada insiden di wilayah masing-masing. Kalau misalnya belum tertangani maka segera melaporkam ke BPBD provinsi atau kabupaten/kota," jelasnya.

Menurut Noviar, dengan intensitas hujan yang diprediksi akan tinggi pada masa siaga darurat bencana itu ada sejumlah kejadian yang harus diwaspadai di wilayah setempat salah satunya berkaitan dengan banjir. Biasanya wilayah Jogja jarang mengalami banjir jika hujan, tetapi akhir pekan lalu banjir terjadi di sejumlah titik.

Baca Juga

Potensi Bencana Hidrometeorologi Masih Tinggi, BPBD Sleman Ajukan Perpanjangan Siaga Darurat

Perpanjangan Status Siaga Darurat Bencana, Pemda DIY Tunggu Kabupaten dan Kota

Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi di Sleman hingga Akhir Februari 2024

"Namun early warning system sudah terpasang semua di sungai-sungai. Jadi akan segera diingatkan untuk segera menghindar dari bantaran sungai ketika debit air melebihi ambang batas," kata Noviar.

Di sisi lain kesiapan logistik dalam menghadapi siaga darurat bencana tersebut juga sudah disiapkan. Menurut Noviar pihaknya telah mendistribusikan berbagai peralatan yang diperlukan menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi ke kabupaten kota. "Tenda, alat logistik lainnya berupa terpal sudah kita kirim ke kabupaten kota termasuk bantuan permakanan dan gergaji mesin sudah kita kirim ke relawan semua," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement