Advertisement

Meski Menang Pemilu, PDIP Kehilangan 2 Kursi DPRD Sleman

David Kurniawan
Kamis, 29 Februari 2024 - 17:57 WIB
Maya Herawati
Meski Menang Pemilu, PDIP Kehilangan 2 Kursi DPRD Sleman Ilustrasi pemungutan suara. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—PDIP hampir dipastikan menjadi partai politik pemenang di Pemilihan Legislatif (Pileg) Sleman di Pemilu 2024. Meski berhasil menjadi peraih suara terbanyak, tapi jumlah wakil di DPRD Sleman berkurang dua kursi dibandingkan Pemilu 2019.

Ketua DPC PDIP Sleman, Koeswanto mengatakan, proses rekapitulasi suara masih berlangsung di KPU Sleman. Berdasarkan perhitungan sementara maupun rekap internal partai, ia memastikan partainya akan menjadi pemenang di Sleman.

Advertisement

“Terus kami kawal dalam proses perhitungan suara sehingga hasilnya sesuai dengan rekap yang dilakukan di internal partai,” katanya saat dihubungi Harianjogja.com, Kamis (29/2/2024).

BACA JUGA: Separuh Padukuhan di Kulonprogo Terdampak Tol Jogja-YIA, Puluhan Rumah Direlokasi

Meski tampil sebagai pemenang, Koeswanto mengakui raihan kursi di DPRD Sleman berkurang ketimbang raihan lima tahun yang lalu. Di Pemilihan 2019, partai berlambang moncong putih ini berhasil mengamankan 15 kursi dewan.

Namun demikian, sambung dia, di pemilu kali ini hanya meraih 13 kursi DPRD Sleman. “Dapil 2 dan 3, masing-masing kita kehilangan satu kursi. Di Pemilu 2019, di dapil ini bisa dapat tiga kursi, tapi sekarang hanya dua kursi saja,” katanya.

Hal berbeda terjadi untuk kursi DPRD Provinsi dari Dapil Sleman yang terbagi menjadi Sleman Utara dan Selatan. Koeswanto mengakui untuk wakil di DPRD Provinsi ada kenaikan dibandingkan torehan di Pemilu 2019.

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan untuk Dapil Sleman Selatan akan meraih tiga kursi dan Dapil Sleman Utara juga tiga kursi. “Ada tambahan satu kursi di Dapil 6 DIY [Sleman Utara] menjadi tiga kursi. Jadi, di Pemilu 2024, PDIP Sleman meraih enam kursi DPRD DIY,” katanya.

Ketua DPD Golkar Sleman, Janu Ismadi mengatakan pihaknya optimistis dapat meraihkan dua kursi DPRD DIY di Pemilu 2024. Kursi ini disumbang dari Dapil Sleman Selatan dan Utara, masing-masing satu kursi. “Sudah ada perhitungannya dan kita dapat dua kursi di provinsi. Tapi, kepastiannya tetap menunggu perhitungan di KPU Sleman yang masih berlangsung hingga saat ini,” katanya.

Untuk DPRD Sleman, Janu optimistis mendapatkan enam kursi yang disumbang dari setiap dapil, masing-masing satu kursi. Raihan ini meningkat satu kursi ketimbang hasil di Pemilu 2019 yang hanya dapat lima kursi. “Lima tahun lalu di dapil 3, kita tidak dapat kursi. Tapi sekarang [Pemilu 2024] dapat satu kursi sehingga ada enam kursi yang diraih Golkar di Pileg Sleman,” katanya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar mengatakan, terus melakukan pengawasan terhadap rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Tingkat kabupaten. Hingga sekarang proses perhitungan masih berlangsung dan ditargetkan selesai pada Jumat (29/2/2024). “Ini masih proses dan target dari KPU Slema, perhitungan akan selesai besok,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement