Advertisement

Progres Pengerjaan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman Capai Angka 27 Persen

Catur Dwi Janati
Kamis, 29 Februari 2024 - 19:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Progres Pengerjaan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman Capai Angka 27 Persen Pekerja proyek Tol Jogja-Solo mekakukan pengecoran bore pile jembatan. - Istimewa /PT. Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman terus dikebut di awal tahun 2024. Konstruksi Borepile hingga box culvert terus dimasifkan di area penggarapan Tol Jogja-Solo.

Humas PT. Adhi Karya pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2, Agung Murhandjanto menjelaskan secara kumulatif, progres penggarapan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman hingga 4 Februari 2024 telah mencapai angka 27 persen. "Sekarang sudah naik, sudah 27 persen sekarang pekerjaan," kata Agung dikutip pada Kamis (29/2/2024).

Advertisement

Hingga pekan ke-34 proyek, penggarapan sejumlah bangunan struktur terus bertambah. Konstruksi boks misalnya, dari total 22 boks yanh dibutuhkan, saat ini telah terealisasi sebanyak 17 unit, menyisakan lima unit lagi. Sementara sisanya kini masih dalam proses dibangun. "Lima itu sudah kita kerjakan semua, otw," tuturnya.

Boks-boks tersebut terdiri dari box culvert, box jalan desa dan box jembatan. Sesuai namanya box culvert merupakan beton berbentuk persegi dengan rongga besar di tengahnya. Boks ini dapat digunakan sebagai drainase maupun struktur underpass untuk lalu-lintas kendaraan.

Selain pembangunan konstruksi box culvert, kontraktor tol juga terus menggarap konstruksi borepile. Per 4 Februari 2024 tercatat ada 212 borepile elevated junction, 23 pilecap elevated junction dan 23 pier elevated junction yang dibangun. "Masih [pengerjaan] borpile. Sama kemarin itu mau sambung ke ring road. Dari Tirtoadi ke Trihanggo. Iya di Tikungan Ngawen mulai di situ," terangnya.

Baca Juga

Proyek Tol Jogja-Solo: Viral Rumah di Tamanmartani Sleman Masih Berdiri Kokoh di Tengah Lalu Lalang Proyek

Separuh Padukuhan di Kulonprogo Terdampak Tol Jogja-YIA, Puluhan Rumah Direlokasi

Mudik Lebaran Besok, Tol Jogja Solo Diusulkan Dibuka 24 Jam

Selain sektor konstruksi yang terus menunjukan progres perkembangan, pembukaan lahan pada tanah yang telah dibebaskan juga terus dilakukan. Teranyar, kontraktor mulai melakukan clearing di area Trihanggo yang nantinya akan menyambung dengan are jalan ring road.

Sementara clearing utilitas di area tengah jalan ring road ditunda hingga lebaran usai. Karenanya, fokus penggarapan justru dilakukan pembersihan lahan di tanah yang kelak menjadi penyambung antara jalan tol di atas ring road tikungan Ngawen ke arah Tlogoadi.

"Betul, strateginya kita fokus di situ. Sama dari Nglarang ke timur sudah kita mulai sampai Sungai Bedog," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Halmahera Erupsi, Lontarkan Abu Ketinggian 2 Kilometer

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement