Advertisement

Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman Tembus 71,4 Persen

Catur Dwi Janati
Kamis, 29 Februari 2024 - 20:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman Tembus 71,4 Persen Suasana proyek pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman Sleman. - Istimewa / PT. Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Cakupan pembebasan lahan proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman makin meluas di Februari 2024. Sejumlah tanah yang lama dibebaskan karena menjadi Hak Tanggungan (HT) pun mulai dibereskan.

Humas PT. Adhi Karya pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2, Agung Murhandjanto menjelaskan sejumlah dalam proses pembebasan lahan terdampak tol, ada sejumlah bidang yang sertifikatnya menjadi jaminan bank. Hal ini membuat proses pembebasan lahan akhirnya memakan waktu yang lebih. "HT, jadi itu dijaminkan di bank, jadi itu yang membikin agak lama," kata Agung dikutip pada Kamis (9/2/2024).

Advertisement

Namun Agung mengungkapkan bila persoalan lahan yang terganjal HT itu telah dibereskan. "Untuk tanah yang belum dibebaskan yang di Tlogoadi yang mau ke dusun Nglarang ada dua-tiga rumah yang belum dibayar ganti rugi karena terkaitdengan Hak Tanggungan, tapi sudah dibereskan," tegasnya.

Baca Juga

Progres Pengerjaan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman Capai Angka 27 Persen

Gambaran Tol Jogja-Solo di Ringroad Utara Sleman, Melayang Melewati Perkantoran hingga Kampus

Mudik Lebaran Besok, Tol Jogja Solo Diusulkan Dibuka 24 Jam

Pembangunan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2 Trihanggo-Junction Sleman sendiri memiliki kebutuhan lahan sebanyak 889 bidang yang setara dengan 39,89 hektare. Hingga 4 Februari 2024, total lahan sudah bebas mencapai 161 bidang dengan luas 28,49 hektare. Torehan ini setara dengan 71,4 persen dari total target kebutuhan lahan. Sedangkan ebanyak 161 bidang lahan atau 11,39 hektare sisanya masih belum dibebaskan.

Di sisi lain dari 39,89 hektare lahan yang sudah dibebaskan, lahan yang siap digunakan mencapai 8,89 hektare. Luasan tersebut setara 22,3 persen dari total keseluruhan lahan proyek Tol Jogja-Solo pada Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gugatan Kubu Pontjo Sutowo Ditolak PTUN, Penyegelan Hotel Sultan Sah

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement