Advertisement

Jelang Ramadan, Pedagang Jangan Manfaatkan Aji Mumpung untuk Naikkan Harga

Yosef Leon
Sabtu, 02 Maret 2024 - 17:07 WIB
Sunartono
Jelang Ramadan, Pedagang Jangan Manfaatkan Aji Mumpung untuk Naikkan Harga Pembeli memilih cabai rawit merah di Pasar Beringharjo, Jogja, Sabtu (4/11/2023). Harian Jogja - Alfi Annisa Karin\\r\\n\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY meminta kepada pedagang sembako di wilayahnya agar tidak aji mumpung menjelang masuknya bulan Ramadan. Situasi yang demikian disinyalir akan dimanfaatkan pedagang untuk menaikkan harga jual sejumlah komoditas. 

Kepala Disperindag DIY Syam Arjayanti mengatakan, kenaikan harga pada sejumlah komoditas bahan pokok menjelang Ramadan biasanya wajar terjadi. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan sementara stok tetap sehingga memunculkan kenaikan harga. Hanya saja situasi itu hendaknya disikapi dengan bijak oleh pedagang. 

Advertisement

BACA JUGA : Harga Roti Pita Ramadan Melonjak 80 Persen, Picu Kemarahan Publik Turki

"Gimana ya itu kan memang biasanya naik. Makanya kita mau pedagang ga aji mumpung menaikkan harga dengan semena-mena," ujarnya, Sabtu (2/3/2024). 

Menurutnya, pedagang acap kali semena-mena menaikkan harga barang lantaran Ramadan jatuh hanya setahun sekali. Untuk itu pihaknya meminta agar ada solusi yang sama-sama menguntungkan antara penjual dan pembeli jika memang terdapat kenaikan harga pada bahan pokok di pasaran.

'Naik ya gapapa kalau memang naik, tapi jangan terlalu aji mumpung. Kita juga konsumsi jangan berlebihan, mentang-mentang puasa jadi berlebihan," jelasnya. 

Syam menerangkan menjelang Ramadan pihaknya mewaspadai kenaikan harga pada komoditas telur, tepung dan juga buah-buahan. Komoditas itu menurutnya akan banyak diincar para pelaku UMKM untuk persiapan pembuatan oleh-oleh dan parsel di masa Lebaran nanti.

"Daging ayam juga biasanya naik, tapi kalau daging sapi sudah stuck tinggi sehingga memang wajar," ungkapnya. 

BACA JUGA : Jelang Ramadan Harga Sejumlah Bahan Pokok Naik di Pasaran, Omzet Pedagang pun Turun 50%

Disperindag DIY bersama Satgas Pangan setempat, kata dia akan berkeliling ke sejumlah pasar di kabupaten kota di wilayah setempat untuk memastikan ketersediaan stok dan juga harga komoditas bahan pokok tetap terkendali selama Ramadan nanti. Jika ada kenaikan harga yang signifikan akan diintevensi dengan operasi pasar dan gelontoran stok baru. 

"Stok aman jelang puasa kita kan keliling terus bersama satgas untuk melihat harga dan kondisi lain," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tak Lagi Dianggap Bagian dari PDI Perjuangan, Begini Respons Jokowi

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement