Advertisement

Pemilu 2024, PDIP Bantul Masih Tunggu Nama Calon Anggota DPRD yang Lolos

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 04 Maret 2024 - 16:07 WIB
Maya Herawati
Pemilu 2024, PDIP Bantul Masih Tunggu Nama Calon Anggota DPRD yang Lolos PDI Perjuangan. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULPDIP Bantul berhasil menduduki peringkat teratas perolehan suara sah calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Meski begitu, PDIP Bantul masih menunggu penetapan nama calon anggota DPRD Bantul yang lolos dalam Pemilu 2024 dari KPU RI.

“Jadi baik secara internal maupun eksternal Dewan Pimpinan Cabang [DPC] PDI Perjuangan belum bisa memutuskan siapa calon terpilih yang ditetapkan KPU untuk kursi DPRD Bantul hasil Pemilu 2024. Terkait dengan siapa yang terpilih [DPRD Bantul], kami masih menunggu proses selanjutnya,” ujar Ketua DPC PDIP Bantul, Joko Purnomo, Senin (4/3/2024).

Advertisement

Selain itu, menurut Joko pihaknya juga masih menunggu apabila ada pihak-pihak yang mengajukan sengketa Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Mengacu ketentuan peraturan perundangan bahwa ada jeda untuk menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi [MK] seandainya ada sengketa politik atau Pemilu khususnya di Bantul,” katanya.

Dia menyampaikan diperkirakan bulan depan, nama anggota dewan yang akan menduduki kursi DPRD Bantul akan diumumkan oleh KPU RI.

BACA JUGA: Presiden Joko Widodo Memastikan Harga BBM Tidak Naik

“KPU menyampaikan paling tidak April [2024] baru bisa diumumkan calon terpilih sebagai anggota DPRD Bantul, khususnya dari Fraksi PDI Perjuangan,” katanya.

Menurut Joko perolehan suara DPRD Bantul dalam Pemilu 2024 telah melebihi perolehan suara DPRD Bantul tahun 2019. Karena itu, menurutnya perolehan kursi anggota DPRD Bantul akan meningkat pada Pemilu kali ini.

“Jadi perolehan kita adalah 168.118 suara. Artinya secara presentasi kami mengalami kenaikan daripada Pemilu 2019, KPU baru memberikan keterangan perolehan kursi PDI Perjuangan dari 11 [kursi] naik menjadi 12 [kursi], ada kenaikan satu kursi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gugatan Kubu Pontjo Sutowo Ditolak PTUN, Penyegelan Hotel Sultan Sah

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement