Advertisement

Hasil Pemilu 2024: Muka-Muka Lama Masih Mendominasi DPRD Sleman

David Kurniawan
Senin, 04 Maret 2024 - 17:22 WIB
Budi Cahyana
Hasil Pemilu 2024: Muka-Muka Lama Masih Mendominasi DPRD Sleman Ilustrasi Rapat Paripurna DPRD Sleman ke-18 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2023-2024 yang digelar pada Rabu (27/12/2023) di Kantor DPRD Sleman. - Istimewa/Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Raihan kursi maupun calon legislator (caleg) pemenang Pemilu 2024 untuk DPRD Sleman sudah terlihat berdasarkan hasil rekapitulasi suara di tingkat kabupaten meski belum ada keputusan dari KPU Sleman.

Muka-muka lama atau caleg berstatus petahana masih akan mendominasi kursi wakil rakyat untuk periode lima tahun ke depan. Ketua DPC PDI Perjuangan Sleman, Koeswanto, mengatakan partainya mendapatkan 13 kursi di Pemilu 2024. Hanya ada empat muka baru yang mendapatkan kursi.

Advertisement

“Caleg petahana masih mendominasi perolehan kursi di PDI Perjuangan,” kata Koeswanto, Senin (4/3/2024).

BACA JUGA: Empat Puluh Persen Calon Anggota DPRD Bantul Wajah-Wajah Baru, Ini Daftarnya

Ketua DPC Gerindra Sleman, Sukaptana, mengatakan perolehan suara partainya bisa menyamai torehan enam kursi DPRD yang diraih di Pemilu 2019. Dia mengatakan kursi DPRD Sleman semuanya milik petahana.

“Tidak ada muka baru. Keenam kursi yang raih Gerindra berasal dari caleg petahana semuanya,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Ketua DPD Golkar, Janu Ismadi. Menurut dia, partainya berhasil meraih enam kursi di DPRD Sleman.

Jumlah ini meningkat satu kursi dibandingkan dengan Pemilu 2019 lalu. “Lima tahun lalu dari Daerah Pemilihan [Dapil 3] kami tidak mendapat kursi. Tapi, untuk sekarang ada wakilnya sehingga dari masing-masing dapil di Sleman, Golkar mengirimkan wakil untuk satu kursi,” kata Janu.

Dia mengatakan caleg petahana masih mendominasi. Dari enam kursi, lima menjadi hak caleg petahana. “Caleg baru yang mendapatkan kursi dari Golkar hanya satu,” katanya.

BACA JUGA: Anggota DPRD Jogja 2024: Nama Baru di PPP dan PKB, Gerindra Didominasi Petahana

Kondisi berbeda dialami oleh DPC PKB Sleman. Selain raihan kursi yang meningkat, calon legislator juga didominasi muka-muka baru. Ketua DPC PKB Sleman, R. Agus Choliq, mengatakan partainya berhasil meraih tujuh kursi DPRD Sleman. Jumlah ini naik satu kursi dibandingkan dengan Pemilu 2019.

Menurut dia, hanya ada dua caleg petahana yang berhasil mengamankan kursi DPRD Sleman, yakni Wawan Prasetia di Dapil 1 dan Ani Martanti di Dapil 2. Adapun untuk Dapil 6, caleg terpilih adalah anggota DPRD DIY aktif, Syukron Arif Muttaqin, yang kini memburu kursi DPRD Sleman. 

“Jadi yang benar-benar muka baru ada empat. Dapil 3 ada dua orang, di Dapil 4 dan 5, masing-masing satu orang,” katanya.

Terpisah, Ketua DPD Nasdem Sleman, Surana mengatakan, partainya berhasil mengamankan tiga kursi DPRD Sleman. Semua kursi ini diraih oleh caleg petahana. “Semua orang lama dan tidak ada caleg baru yang mendapatkan kursi dari Nasdem,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement