Advertisement

Kasus DBD di Kulonprogo Melonjak, Paling Banyak di Galur

Triyo Handoko
Rabu, 06 Maret 2024 - 16:37 WIB
Ujang Hasanudin
Kasus DBD di Kulonprogo Melonjak, Paling Banyak di Galur Ilustrasi nyamuk DBD - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Lonjakan kasus demam berdarah dengue (DBD) terjadi sebulan terakhir di Bumi Binangun. Awal Februari lalu tercatat hanya 17 kasus, lalu akhir Februari ini sudah ada 34 kasus DBD.

Peningkatan kasus DBD di Kulonprogo sebulan kemarin diduga karena musim penghujan yang memungkinankan perkembangan nyamuk dengue lebih banyak. Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo menyebut Kapanewon Galur jadi yang paling banyak menyumbang kasus DBD sebanyak lima orang.

Advertisement

Tak hanya kasus DBD yang melonjak, Data Dinkes Kulonprogo juga mencatat peningkatan kasus dengue fever (DF) atau demam akibat virus dengue yang ditularkan nyamuk Aedes aegypti. Perbedaan DBD dan DF adalah level keparahan korban, dimana DBD minimal tertular lebih dari dua virus dengue sedangkan DF hanya satu virus saja.

Kasus demam dengue atau DF ini per akhir Februari lalu sudah tercatat dialami 134 orang. Sedangkan saat awal Februari lalu hanya 70 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kulonprogo, Arief Musthofa menyebut meskipun kasus DBD melonjak belum ada korban jiwa akibat penyakit itu. "Belum ada kematian akibat DBD, tidak kami harapkan juga, karena sejauh ini seluruh puskesmas kami sudah memiliki alat pendeteksi DBD jika terkonfirmasi akan mendapat perawatan yang tepat," jelasnya, Rabu (6/3/3034).

Perawatan yang tepat terhadap pasien DBD, jelas Arief, sudah dilakukan di seluruh puskesmas di Kulonprogo. "Sehingga misal terkena DBD, masyarakat tak perlu khawatir, segera periksa ke puskesmas terdekat," katanya.

BACA JUGA: Baru Awal Tahun, Ada 17 Kasus DBD di Kulonprogo

Arief menjelaskan pihaknya juga rutin melakukan kajian untuk menurunkan kasus DBD di wilayahnya. Kajian itu untuk menentukan upaya lanjutan seperti fogging atau pengasapan untuk mencegah kasus bertambah. "Seperti di Glaur itu kami lakukan kajian lalu kami fogging agar kasus dapat diturunkan," terangnya.

Sementara itu Kepala Dinkes Kulonprogo Sri Budi Utami menerangkan agar upaya penurunan kasus DBD optimal perlu peran serta masyarakat luas. "Pola hidup bersih dan sehat terus kami dorong dengan kader-kader kesehatan yang ada," ujarnya.

Partisipasi masyarakat untuk menurunkan DBD, lanjut Sri Budi, dapat dilakukan dengan hal sederhana. "Seperti mengurangi dan mengeliminasi genangan-genangan di sekitar rumah yang biasanya jadi tempat berkembang biak nyamuk, ini harus terus digencarkan apalagi musim hujan yang tak menentu seperti sekarang ini," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelatih Shin Tae-yong Diusulkan Dapat Gelar Kehormatan Warga Negara Indonesia

News
| Minggu, 28 April 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement