Advertisement

Festival Buah Kulonprogo Digelar di Waduk Sermo Sabtu (9/3/2024), Pengunjung Bisa Mencicipi Buah Gratis

Triyo Handoko
Rabu, 06 Maret 2024 - 19:37 WIB
Ujang Hasanudin
Festival Buah Kulonprogo Digelar di Waduk Sermo Sabtu (9/3/2024), Pengunjung Bisa Mencicipi Buah Gratis Buah-buahan. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Festival Buah Kulonprogo akan digelar lagi pada Sabtu besok (9/3/2024). Gelaran tahunan ini akan memamerkan berbagai jenis buah lokal Bumi Binangun, tak hanya itu pengunjung juga bebas mencicipi buah yang ditawarkan secara gratis.

Festival Buah Kulonprogo yang sebelumnya digelar setahun sekali, pada 2024 ini akan digelar dua kali. Jika pada 2023 lalu digelar di Embung Tonogoro, Kapanewon Kalibawang, maka gelaran pertama pada 2024  di Dermaga Waduk Sermo.

Advertisement

Diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kulonprogo, Festival Buah Kulonprogo ini jadi ajang unjuk gigi potensi hasil kebun Bumi Binangun. Total lebih dari 80 kelompok tani akan berpartisipasi dalam gelaran tersebut Sabtu besok.

Dari 80 kelompok tani itu, terdapat berbagai jenis buah yang akan dipamerkan dan dijual, seperti durian, manggis, kokosan, duku, kelengkeng, hingga pisang. "Sebagian merupakan buah varietas lokal, seperti ada durian menoreh," jelas Ketua Tim Kerja Pengembangan Usaha Tanaman Pangan, Hortikultural, dan Perkebunan, DPP Kulonprogo, Krimi pada Rabu (6/3/2024).

Kirmi menjelaskan potensi buah-buahan di Bumi Binangun terus dikembangan, salah satunya menginventarisir varietas lokal. "Upaya-upaya ini untuk terus mensejahterakan petani Kulonprogo dengan meningkatkan nilai ekonomi produk buah-buahan yang ada," terangnya.

BACA JUGA: Gelar Jelajah Ruang Menoreh Geoheritage Banjaroya, Ini yang Diinginkan Pemkab Kulonprogo

Sebagai sarana promosi, jelas Kirmi, Festival Buah Kulonprogo terbukti ampuh meluaskan pasar produk perkebunan itu. "Banyak sekali produk buah kami yang dikirim ke luar daerah, karena sudah terbukti berkualitas sehingga para penjual buah daerah mengambil di sini," ungkapnya.

Salah satu petani yang turut berpartisipasi di Festival Buah Menoreh, Sukardi, warga Kapanewon Girimulyo mengapresiasi upaya promosi tersebut. "Lewat upaya-upaya ini jadi kami dapat berjejaring dengan penjual buah luar daerah, akan meningkatkan nilai jual buah kami juga," tuturnya.

Sukardi yang memiliki kebun durian dan rambutan ini mengaku produknya kerap dibeli pedagang luar daerah. "Kebanyakan ke Jogja dan Sleman, semoga nanti dapat dipromosikan dan jadi bahan semangat kami untuk terus meningkatkan produktivitas," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement