Advertisement

Pemkot Jogja dan Denpasar Diskusikan Inovasi Pengembangan IT untuk Layanan Wisatawan

Lugas Subarkah
Kamis, 07 Maret 2024 - 07:27 WIB
Sunartono
Pemkot Jogja dan Denpasar Diskusikan Inovasi Pengembangan IT untuk Layanan Wisatawan Kepala Diskominfosan Kota Jogja, Ignatius Triharsono dan Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dinas Komunikasi dan Informatika Denpasar, Agus Indra Diatmika, dalam kunjungan ke Pemkot Denpasar, Rabu (6/3/2024). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, DENPASAR—Inovasi di bidang Informasi dan Teknologi (IT), salah satunya dengan pengembangan aplikasi memiliki peran penting bagi kota pariwisata terbesar di Indonesia seperti halnya Jogja dan Denpasar.

Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Diskominfo) Kota Jogja melakukan kunjungan ke Pemkot Denpasar, Rabu (6/3/2024) guna membahas terkait pengemmbangan IT untuk layanan wisatawan. Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dinas Komunikasi dan Informatika Denpasar, Agus Indra Diatmika, menjelaskan Denpasar memiliki aplikasi Denpasar Sewaka Dharma.

Advertisement

“Di sana adalah kolaborasi dari semua aplikasi di Kota Denpasar. Masyarakat di sana bisa mendapatkan informasi apa saja di Kota Denpasar, termasuk pengaduan, informasi terkait data, ketenagakerjaan dan lainnya,” ujarnya.

BACA JUGA : Gandeng Evermos, Pemkot Jogja Kembangkan Pemasaran UKM

Sehingga dengan satu genggaman saja, masyarakat sudah bisa mendapatkan informasi dan layanan di Kota Denpasar. “Baik masyarakat kota maupun wisatawan yang ada di Denpasar bisa mendapat informasi yang diperlukan. Kami sudah mulai dari 2022 dan terus dikembangkan,” katanya.

Kepala Diskominfosan Kota Jogja, Ignatius Triharsono, menuturkan sebagai kota wisata, aspek komunikasi publik harus sesuai dengan semangat penguatan kepariwisataannya. “Perkembangan saat ini semuanya tidak bisa lepas dari digitalisasi. Bagaimana kita mengoptimalkan potensi digital untuk penguatan pada industri pariwisata,” paparnya.

Inovasi yang dilakukan Pemkot Denpasar juga sudah dilakukan Pemkot Jogja, walau masih terdapat catatan. “Kami sudah melangkah bahkan mungkin lebih banyak lagi, contohnya seperti aplikasi JSS [Jogja Smart Service],” ungkapnya.

Adapun beberapa catatan yakni terkadang pengembangan inovasi belum dibarengi dengan landasan hukum di tingkat daerah, seperti peraturan walikota, peraturan daerah dan sebagainya. “Kita tidak boleh berlari begitu saja, tapi juga harus jelas landasan kebijakannya seperti apa,” ujarnya.

BACA JUGA : Pekan Ini Pemkot Jogja Terapkan Aplikasi Srikandi Versi Terbaru

Selain ke Pemkot Denpasar, sebelumnya pada Selasa (5/3/2024) Diskominfosan Kota Jogja juga berkunjung ke Pemkab Jembrana. Di situ mereka belajar bagaimana pengelolaan data yang baik sehingga dapat menghasilkan kebijakan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 13 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG Pastikan Udara Panas di Indonesia Akhir-akhir Ini Bukan Heatwave, Ini Penjelasannya

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement