Advertisement

Ramadan, Ini Dia Aturan Jam Buka Tempat Hiburan di Jogja

Alfi Annisa Karin
Jum'at, 08 Maret 2024 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Ramadan, Ini Dia Aturan Jam Buka Tempat Hiburan di Jogja Klub malam. - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja menerbitkan aturan soal jam buka tempat hiburan seperti karaoke, klub malam, diskotek, spa, dan game center selama Ramadan tahun ini. Ini dilakukan untuk menjaga kondusivitas dan agar masyarakat dapat menjalankan ibadah dengan lebih tenang.

Penjabat Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo mengatakan usaha karaoke di luar klub malam dan spa di luar hotel bintang diminta buka pada pukul 09.00 WIB-17.00 WIB dan 21.00-24.00 WIB.

Advertisement

Sementara, usaha spa yang berada di dalam hotel bintang diperkenankan buka sesuai jam buka usahanya. Sedangkan, karaoke di dalam klub malam hanya diminta buka pukul 21.00 WIB-24.00 WIB.

"Usaha arena permainan seperti game net, game station, game center buka pukul 09.00 WIB-17.00 WIB. Penyelenggaraan pertunjukkan syiar Islam apabila malam hari dilaksanakan setelah pukul 22.00 WIB dan berakhir selambat-lambatnya pukul 01.00 WIB," ujar Singgih, Jumat (8/3/2024).

Kegiatan usaha juga telah diatur untuk tutup satu hari sebelum Ramadan sampai dengan hari ketiga Ramadan. Juga pada hari raya Idulfitri yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Selain tempat hiburan, Singgih juga mengimbau rumah makan untuk tidak membuka usahanya secara terbuka. "Menggunakan tirai," katanya.

BACA JUGA: Bupati Bantul Imbau Masyarakat Tidak Menyalakan Petasan Saat Ramadan

Kabid Penegakan Peraturan Perundang-undangan Satpol PP Kota Jogja Dodi Kurnianto menuturkan pihaknya akan mulai rutin melakukan patroli. Utamanya pada jam-jam sebelum subuh, sebelum sahur, dan pada saat salat tarawih. "Kalau ada kerumunan yang sifatnya mencurigakan kami akan lakukan pendekatan," katanya.

Dodi memastikan pihaknya akan bertindak secara non yustisi. Satpol PP Kota Jogja akan melakukan edukasi dan sosialisasi. Baik kepada pemilik usaha maupun kepada masyarakat.

"Kita akan berikan peringatan secara nonyustisi supaya mereka sadar bahwa ini situasi yang khusus Ramadan yang kita jalani dengan baik," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pascaputusan MK dan Penetapan KPU, Mungkin Akan Ada Susunan Koalisi Baru Prabowo-Gibran

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement