Advertisement

Dipar Bantul Perkirakan Ribuan Orang Bakal Padati Pantai Selatan untuk Padusan

Jumali
Sabtu, 09 Maret 2024 - 18:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dipar Bantul Perkirakan Ribuan Orang Bakal Padati Pantai Selatan untuk Padusan Wisatawan sedang bermain air di Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul, Rabu (16/5/2018). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul memprediksi ada ribuan wisatawan akan memadati sejumlah pantai selatan dan objek wisata  untuk menggelar tradisi padusan, pada Minggu (10/3/2024) dan Senin (11/3/2024).

Subkoordinator Kelompok Substansi Promosi Kepariwisataan Dispar Bantul, Markus Purnomo Adi mengungkapkan, jika Dispar Bantul tidak menyiapkan acara khusus terkait pelaksanaan tradisi padusan.

Advertisement

Meski demikian, Ipung-panggilan akrab Markus, wisatawan diprediksi akan memadati kawasan pantai seperti Pantai Parangtritis, Depok, Pandansari, Goa Cemara, Cangkring hingga Pantai Baru. Selain wisata pantai yang dikelola Pemkab Bantul, mereka juga diprediksi mendatangi objek wisata yang dikelola masyarakat maupun swasta, seperti Pasar Kebon Empring hingga Taman Tempuran Cikal.

Selain itu, objek wisata wahana air juga tak luput dari kunjungan wisatawan untuk padusan, diantaranya Waterbyur, Galaxy Water Park, Balong Water Park, Kids Fun hingga Gabusan Water Park. Untuk Waterbyur, ada harga khusus pada Senin (11/3/2024) yakni Rp20.000. Kidsfun pada Senin-Selasa (11-12/3/2024) Rp20.000.

"Untuk Gabusan pada 8-10 Maret ada beli 5 bayar 4," kata Ipung, Sabtu (9/3/2024).

Baca Juga:

10 Tempat Padusan Favorit Orang Jogja

Padusan di Tempat Ini Bakal Dapat Bonus lho, Mau?

Ini Dia Destinasi Wisata di Bantul yang Jadi Langganan untuk Padusan

Terkait dengan jumlah detail kunjungan wisatawan pada saat acara padusan, Ipung mengaku tidak bisa memprediksi. Kendati demikian, dia memberikan gambaran dari pengalaman sebelumnya. "Untuk hari Minggu dan Senin lebih dari 7.000 orang, Sebab, tidak hanya padusan, di tanggal tersebut merupakan akhir pekan dan juga libur hari raya Nyepi," ucap Ipung.

Ipung berharap agar para pengelola destinasi wisata tetap mengedepankan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan yang melakukan tradisi padusan. "Kalau dari kami tentu tradisi padusan ini akan memberikan tambahan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata," ucap Ipung.

Amankan Jalannya Padusan

Polres Bantul dan Dishub Bantul mengaku siap mengamankan jalannya tradisi padusan. Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana berharap agar masyarakat tetap berhati-hati saat menjalankan aktivitas tradisi padusan, utamanya di kawasan Pantai Selatan Bantul.

"Kami minta masyarakat untuk menaati peringatan yang ada. Mewaspadai adanya palung laut yang membahayakan. Oleh karena itu kami minta agar masyarakat tidak mandi di laut karena sangat berbahaya,” ucap Jeffry.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul Singgih Riyadi mengatakan tidak ada persiapan khusus menghadapi kepadatan lalu lintas saat pelaksanaan tradisi padusan. Namun, pihaknya tetap akan mewaspadai terjadinya kepadatan lalu lintas utamanya untuk jalur menuju tempat wisata pantai maupun yang menyediakan acara padusan.

“Kalau itu kami insidentil. Kami sendiri belum punya prediksi di mana nanti penumpukan lalu lintasnya. Yang jelas kami akan koordinasi dengan Dinas Pariwisata Bantul,” kata Singgih.

Lewat koordinasi tersebut, lanjut dia, akan didapatkan beberapa titik tempat wisata yang menggelar acara padusan. Selain itu, Dishub juga bisa mempersiapkan diri terkait dengan pengaturan lalu lintas menuju lokasi digelarnya padusan.

"Intinya kami siap. Jika ada kepadatan, personel siap diterjunkan. Khusus untuk kawasan pantai, kami akan maksimalkan keberadaan JJLS untuk mengalihkan kepadatan," kata Singgih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement