Advertisement

Penumpang KRL Diperbolehkan Berbuka Puasa di Gerbong Kereta, Ini Aturan Lengkapnya

Ujang Hasanudin
Selasa, 12 Maret 2024 - 00:07 WIB
Ujang Hasanudin
Penumpang KRL Diperbolehkan Berbuka Puasa di Gerbong Kereta, Ini Aturan Lengkapnya Suasana di dalam gerbong KRL Jogja-Solo pada malam hari. - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT.KAi Commuter Line membolehkan penumpang KRL untuk berbuka puasa di dalam kereta api selama Ramadan. Namun ada aturan khusus yang harus dipatuhi oleh para penumpang.

Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan KAI Commuter memberlakukan aturan khusus kepada pengguna selama bulan Ramadan ini, pada saat memasuki waktu untuk berbuka puasa di dalam perjalanan menggunakan commuter line para pengguna diperbolehkan untuk membatalkan puasanya dengan makanan dan minuman ringan hingga satu jam setelah waktu berbuka puasa di dalam kereta.

Advertisement

Petugas juga akan menginformasikan waktu untuk berbuka puasa baik di dalam perjalanan maupun di area stasiun. "Untuk berbuka puasa di dalam commuter line, pengguna dihimbau berbuka dengan makanan dan minuman ringan secara tidak berlebihan, hindari juga makanan atau minuman yang berbau menyengat untuk kenyamanan bersama," katanya, melalui siaran persnya, Senin (11/3/2024).

Sementara itu, KAI Commuter juga menyediakan fasilitas water station atau dispenser air minum gratis yang bisa dinikmati oleh seluruh pengguna. Saat ini fasilitas tersebut tersedia di Stasiun Juanda, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Bekasi. Pengguna juga bisa isi ulang air minum dengan menggunakan botol minum sendiri.

BACA JUGA: KAI Daop 6 Catat Ada 46.314 Penumpang Turun pada Libur Panjang Nyepi, Meningkat 21 Persen

KAI juga mengimbau pada saat berbuka puasa tetap disiplin menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama dengan tidak membuang sampah sembarangan di dalam kereta maupun di area stasiun. KAI Commuter juga mengajak para pengguna commuter line untuk senantiasa menjalankan aturan dan syarat naik commuter line yang sudah ditetapkan agar perjalanan agar bisa lebih aman, sehat, dan nyaman.

lebih lanjut Anne mengatakan selama bulan Ramadan operasional pelayanan perjalanan Commuter Line Jabodetabek dan Yoyakarta – Solo atau KRL Jogja Solo tetap berjalan normal. Di Jabodetabek, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 1.061 perjalanan tiap hari mulai pukul 04.00 – 24.00 WIB tiap harinya, dan pelayanan Commuter Line Bandara Soetta sebanyak 56 perjalanan tiap harinya.

"Sedangkan Commuter Line Yogyakarta-Palur sebanyak 24 perjalanan tiap hari dan Commuter Line Prameks sebanyak 8 perjalanan tiap harinya," paparnya.

KAI Commuter juga terus mengimbau kepada seluruh pengguna dalam menggunakan commuter line untuk selalu mengikuti aturan-aturan yang berlaku dan selalu menghormati pengguna lainnya. Hindari pemberangkatan di jam-jam sibuk pagi dan sore hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement