Advertisement

Proyek Tol Jogja-Solo Ruas Trihanggo-Junction Sleman Dikebut saat Ramadan, Konstruksi Capai 28 Persen

Catur Dwi Janati
Selasa, 12 Maret 2024 - 19:47 WIB
Sunartono
Proyek Tol Jogja-Solo Ruas Trihanggo-Junction Sleman Dikebut saat Ramadan, Konstruksi Capai 28 Persen Potret aktivitas pengecoran top slab dan wall BC STA 56163 Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman . - PT. Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman terus dikebut saat memasuki bulan puasa Ramadan. Sejumlah perkembangan tol Jogja-Solo pada ruas ini mulai tampak secara fisik konstruksi yang membentang dari kawasan Tirtoadi hingga Trihanggo mencapai 28 persen. 

Humas PT. Adhi Karya pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2, Agung Murhandjanto menjelaskan selama bulan ramadan aktivitas pengerjaan proyek pembangunan tol Jogja-Solo tetap berjalan seperti biasa. "Aktivitas seperti biasanya, terus kami melanjutkan agenda-agenda yang masih kemarin dikerjakan," terang Agung pada Selasa (12/3/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo saat Mudik Lebaran Hanya 22 Km, Begini Mekanisme dan Lokasi Exit Tolnya

Pekerja akan bekerja kurang lebih 14 jam dalam sehari untuk merampungkan jalan bebas hambatan ini. Aktivitas proyek akan dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.  "Kami cuma sampai jam 10 malam, karena kesepakatan dengan warga sekitar, dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam. Pukul 22.00 WIB kita closing," jelasnya.

Progress Konstruksi

Secara umum, saat ini aktivitas proyek tol Jogja-Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman masih melanjutkan pembangunan bore pile, pile cap hingga penimbunan. Puluhan bore pile mulai digarap, tiga di antaranya bahkan sudah mulai dibangun pile cap

Teknik bore pile sendiri merupakan konstruksi tiang penyangga dengan cara mengebor tanah dengan kedalaman tertentu. Tanah galian hasil dari pengeboran akan dibersihkan untuk selanjutnya dilakukan pemasangan casing bore pile. Barulah setelahnya besi beton dipasang dilanjutkan dengan pengecoran bore pile

"Bore pile-nya baru dapat 50. Kalau yang di pile cap empat. Itu di daerah Tirtoadi. Kami kan fokusnya di Tirtoadi sama di Tlogoadi," ucapnya. 

Aktivitas pengecoran top slab dan wall pun juga mulai dilakukan. Garis besarnya, secara keseluruhan progres konstruksi penggarapan Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman mencapai angka 28 persen. "Ya sudah 28 persen [progres konstruksi]," ujarnya.

Selain penggarapan konstruksi bore pile hingga pile cap, kontraktor tol Jogja-Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman juga mulai melakukan clearing area lahan di wilayah Trihanggo tepatnya setelah tikungan Ngawen, Ring Road Barat Sleman. Area ini merupakan batas penghubung antara tol di atas ring road dengan tol yang mengarah ke Junction Sleman di Tirtoadi. 

"Dari ring road itu masuk ke Trihanggo, kami sudah mulai dari situ. Di tikungan Ngawen itu mulai dibuka [lahannya], kami clearing di situ terus turun ada sungai. Nanti kita akan bikin abutmen jembatannya," katanya. 

BACA JUGA : Tol Jogja-Solo Dibuka Fungsional hingga Exit Toll Ngawen Klaten untuk Mudik Lebaran 2024, Cek Persiapannya!

Usai melayang di atas ring road, tol Jogja-Solo selanjutnya akan dibangun at grade atau menempel tanah hingga Junction Sleman. Junction Sleman ini merupakan ruas penghubung antara Tol Jogja-Solo dengan Tol Jogja-Bawen. Hanya saja usai melayang di atas ring road ada ruas tol Jogja-Solo yang melintas di atas sungai. Karenanya jembatan akan dibangun di atas sungai.  "Setelah sugengan [slametan] kita mau sambung yang Trihanggo yang di Sungai Bedog ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Garuda Indonesia Terbangkan 4.232 Jemaah Calon Haji dari 11 Kloter di Fase Pertama

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement