Advertisement

Dosen UMY Optimalkan Potensi Bisnis untuk Atasi Permasalahan UMKM

Media Digital
Rabu, 13 Maret 2024 - 17:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dosen UMY Optimalkan Potensi Bisnis untuk Atasi Permasalahan UMKM Guru Besar UMY Prof. Dr. Bambang Jatmiko, S.E., M.Si pada kesempatan kali ini mengembangkan UMKM melalui sistem perbankan dan koperasi. Istimewa

Advertisement

BANTUL—Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berkomitmen mendukung kegiatan pengabdian yang memberikan kontribusi positif secara langsung menjadi upaya konkret dalam membangun masyarakat di daerah secara keseluruhan. Termasuk dengan melibatkan dosen dalam pengabdian menjadi efektif karena dapat mengimplementasikan ide-ide inovatif untuk meningkatkan kesejahteraan dan memberikan solusi permasalahan

Prof. Dr. Bambang Jatmiko, S.E., M.Si pada kesempatan kali ini mengembangkan UMKM melalui sistem perbankan dan koperasi. “Pengabdian ini sekaligus bertujuan untuk meningkatkan akses ke lembaga keuangan, sehingga dapat mengoptimalkan potensi bisnis kecil menengah,” katanya dalam rilis, Rabu (13/3/2024).

Advertisement

Bambang yang merupakan guru besar UMY di bidang akuntansi mengungkapkan jika pelaku usaha yang didampingi adalah UMKM penyedia makanan roti bernama Kirana Bakery yang berlokasi di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Ia merasa permasalahan umum yang sering dialami oleh UMKM adalah kurangnya inovasi dalam strategi pemasaran dan pengembangan produk. Pada Minggu (10/3/2024) Bambang dan tim pengabdiannya yaitu Dr. Wahyu Manuhara Putra, S.E., Akt., M.Si., dosen akuntansi UMY dan Dr. Titi Laras, S.E., M.Si. yang merupakan dosen Universitas Janabadra melakukan pendekatan komprehensif untuk meningkatkan efisiensi operasional UMKM, bahkan mengidentifikasi peluang bisnis yang baru.

“Inovasi dalam strategi pemasaran menjadi penting, terutama karena industri roti telah mengalami perkembangan yang pesat dan menjadikan persaingan semakin ketat. Pendampingan yang kami berikan adalah berdasarkan wawancara intensif dengan pemilik Kirana Bakery untuk memahami terkait tantangan, kebutuhan serta potensi yang dimiliki, sehingga kami dapat menyusun berbagai aspek strategis termasuk strategi pemasaran yang efektif,” ujar Bambang.

Observasi terhadap proses pembuatan produk roti juga dilakukan, mulai dari pemilihan bahan baku, proses pengolahan hingga pengemasan produk. Solusi dan arahan yang diberikan oleh Bambang dan tim pengabdiannya pun telah disusun berdasarkan pengetahuan dan keahlian tim dalam bidang strategi bisnis, pemasaran serta pengembangan UMKM. Menurut Bambang, pendekatan yang komprehensif menjadi pondasi baginya untuk memberikan solusi bagi Kirana Bakery untuk mengatasi tantangan bisnis.

“Melalui program pengabdian ini, kami mendorong Kirana Bakery untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat. Tentu dengan pendampingan dari pihak yang ahli di bidangnya, kami harap produk-produk baru yang dikembangkan akan semakin unik dan menarik bagi konsumen untuk meningkatkan daya saing di pasar,” imbuh Bambang yang juga merupakan Direktur Program Vokasi UMY.

Program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Bambang didanai oleh hibah internal dari Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UMY. Melalui kolaborasi antara universitas, akademisi serta pelaku usaha lokal diharapkan dapat terjadi perubahan positif yang berkelanjutan dalam mengatasi tantangan ekonomi dan sosial di masyarakat. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies Baswedan Belum Pikirkan Pilkada DKI Jakarta dan Ingin Rehat Dulu

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement