Advertisement

Tiga Pasar di Jogja Dilengkapi Mesin Pencacah Sampah, Mampu Olah 3 Ton Sampah per Hari

Alfi Annisa Karin
Jum'at, 15 Maret 2024 - 19:37 WIB
Ujang Hasanudin
Tiga Pasar di Jogja Dilengkapi Mesin Pencacah Sampah, Mampu Olah 3 Ton Sampah per Hari Mesin pencacah sampah di Pasar Beringharjo, Jumat (15/3) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja kembali menambah mesin pencacah sampah organik di tiga lokasi pasar. Ketiganya adalah Pasar Beringharjo, Pasar Demangan, dan Pasar Ngasem. Ini diwujudkan dalam program kerja sama CSR dengan Bank Danamon.

Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo mengatakan mesin pencacah ini nantinya akan meringkas sampah organik, sehingga lebih mudah untuk dimanfaatkan.

Advertisement

"Jadi dicacah, kemudian hasilnya size menjadi lebih kecil, lebih padat dan kemanfaatannya lebih mudah. Bisa untuk pakan ternak, pakan maggot, kemudian juga bisa untuk kompos langsung," ujarnya usai meninjau mesin pencacah sampah di Pasar Beringharjo, Jumat (15/3).

Singgih menyebut saat ini produksi sampah di seluruh sampah di Kota Jogja mencapai 12 ton perhari. Mesin pencacah ini diharapkan dapat mengurangi hingga 3-4 ton perhari dengan operasional selama dua jam.

"Ini adalah salah satu kolaborasi kepedulian terhadap 3 pasar kita yang mempunyai volume sampah organik yang cukup banyak," imbuhnya.

BACA JUGA: Pemkot Datangkan Mesin Pencacah Sampah Akhir Tahun Ini, Segini Harganya...

Selama ini sampah pasar diolah secara terpusat di Pasar Giwangan. Lantaran di lokasi itu telah dilengkapi dengan TPS 3R. Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Pasar Rakyat Dinas Perdagangan Jogja Kelik Novidwyanto menuturkan awalnya produksi sampah pasar di Kota Jogja mencapai 16 ton perhari. Namun, berkurang seiring dengan pengolahan sampah di masing-masing pasar dan para peternak yang memanfaatkan sampah organik untuk pakan.

Kelik mengungkapkan sampah-sampah di pasar sering kali masih tidak dipilah. Ini yang menyebabkan sampah menimbulkan bau karena bercampur antara organik dan anorganik. Ke depan, pihaknya berencana akan menaikkan kapasitas pengolahan sampah pasar yang terpusat di Pasar Giwangan.

"Rencana akan scale up rumah komposter di Pasar Giwangan supaya bisa menerima sampah lebih banyak," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Loh Penampakan Rumah Mewah Syahrul Yasin Limpo yang Disita KPK

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement