Advertisement

Pemkab Bantul Klaim Pasar Murah Efektif Turunkan Harga Beras

Newswire
Jum'at, 15 Maret 2024 - 19:27 WIB
Ujang Hasanudin
Pemkab Bantul Klaim Pasar Murah Efektif Turunkan Harga Beras Ilustrasi beras di pasar tradisional. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul mengklaim pasar murah maupun operasi pasar sejumlah kebutuhan pokok yang digelar pemerintah bersama Bulog efektif menurunkan harga beras di pasar daerah ini.

"Untuk harga kebutuhan pokok seperti yang sudah saya sampaikan untuk beras sudah mulai ada penurunan, karena pemerintah sudah menggelontorkan banyak lewat operasi pasar dan pasar murah," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Bantul Agus Sulistiyana di Bantul, Kamis.

Advertisement

Selain operasi pasar maupun pasar murah, kata dia, penurunan harga beras saat ini juga adanya kebijakan Bulog melalui distributor yang menggelontorkan beras stabilisasi pasokan harga pangan (SPHP) kemasan lima kilogram yang dijual dengan harga lebih murah dari pasaran.

"Dan kami dari Bantul juga sudah menyelenggarakan operasi pasar kebutuhan pokok, seperti di Imogiri dan Dlingo, dari provinsi juga menyelenggarakan, kemudian nanti di bulan Ramadhan ini ada tiga kali, salah satunya di wilayah Kecamatan Pajangan," katanya.

Menurut dia, kebijakan pemerintah yang menggelontorkan bahan pokok termasuk beras itu menjadikan stok komoditas pokok tersebut melimpah, sehingga dari sebelumnya yang harganya sempat naik, saat ini memasuki bulan Ramadhan cenderung turun.

BACA JUGA: Setelah Imogiri, Pasar Murah Selanjutnya Digelar di Pajangan dan Dlingo

Dia menyebutkan, berdasarkan pantauan harga bahan pokok di lima pasar besar wilayah Bantul, harga beras kualitas premium mengalami penurunan sedikit dari kisaran Rp15.800 menjadi Rp15.600 per kilogram, sementara beras medium dari rata rata Rp14.750 menjadi Rp14.400 per kilogram.

"Rata rata kisaran itu di lima pasar pantauan kami, yaitu Pasar Bantul, Pasar Imogiri, Pasar Pijenan, Pasar Niten dan Pasar Piyungan, dari pantauan harga ini kita olah dan kita jumlah. Ini pantauan per 13 Maret, sementara hari ini (14/3) datanya belum masuk," katanya.

Dia mengatakan, komoditas yang mengalami penurunan harga adalah cabai merah besar dari Rp80 ribu menjadi Rp70 ribu per kilogram, kemudian cabai rawit hijau dari Rp31.700 menjadi Rp29.800 per kilogram, sedangkan harga daging sapi tetap Rp130 ribu per kilogram, dan telur kisaran Rp30 ribu per kilogram.

"Kemudian cabai merah keriting naik, kemudian ayam kampung juga naik sedikit, memang ada beberapa komoditas yang naik, namun ada juga yang cenderung stabil, bahkan ada beberapa yang turun juga. Tetapi, secara umum stok juga tercukupi di pasar," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement