Advertisement

Kalah dari Borneo FC, PSS Satu Peringkat di Atas Ambang Zona Degradasi

Catur Dwi Janati
Jum'at, 15 Maret 2024 - 20:32 WIB
Maya Herawati
Kalah dari Borneo FC, PSS Satu Peringkat di Atas Ambang Zona Degradasi Sepakbola - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Kekalahan PSS atas Borneo FC Samarinda pada pekan ke-29 BRI Liga 1-2023/24 membuat posisi Super Elja di klasemen kian tidak aman. PSS kembali berada diurutan 15 klasemen atau satu peringkat di atas ambang zona degradasi. 

Berlaku sebagai tuan rumah di Stadion Manahan Solo, PSS harus mengakui keunggulan skor 0-1 dari sang tamu Borneo FC pada Kamis (14/3/2024) malam. Gol F. Cadenazzi di menit ke-59 membuat Borneo membawa pulang tiga poin dalam laga ini. 

Advertisement

Seusai pertandingan, Pelatih Kepala PSS Sleman, Risto Vidakovic pun memberikan tanggapannya. Menurut Risto, para pemain telah memberikan segalanya dalam pertandingan ini. "Saya tidak punya apapun untuk dikatakan, karena semua pemain sudah memberikan 100 persen kemampuannya," kata Risto pada Kamis (14/3/2024) malam.

Para pemain dinilai Risto sudah berhasil mengontrol jalannya laga, hingga akhirnya tim membuat kesalahan. Di beberapa pertandingan terakhir, PSS harus kehilangan banyak poin karena kesalahan individu. 

"Kami bermain bagus, tim bermain bagus, saya pikir kami mengontol pertandingan di babak pertama dan babak kedua. Mereka [lawan] tidak punya peluang hingga adanya tendangan bebas, hingga kesalahan terjadi," ungkapnya. 

"Jadi kita hanya memberikan mereka gol. Tentu ketika kita berhadapan dengan pemuncak klasemen liga ini tidak akan mudah," katanya. 

BACA JUGA: Ada Keluhan Honor Panwaslu Desa Belum Cair, Begini Kata Bawaslu RI

Penyerang muda PSS Sleman, Hokky Caraka menilai semua orang bisa melihat bagaimana perjuangan tim harus menghadapi pemuncak klasemen. Tim menurut Hokky juga sudah menguasai permainan.

"Kami juga sudah bisa menguasai permainan dengan sepenuhnya, tapi kita agak kurang fokus di freekick di area terakhir kita dan kita kecolongan gol," ungkapnya. 

Terlepas dari hasil ini, tim kata Hokky akan berusaha memaksimalkan laga yang tersisa. "Kita harus memaksimalkan lima sisa laga yang akan datang," katanya.

Kekalahan ini membuat PSS masih tetap bertengger di posisi 15. Hingga pekan ke-29, PSS baru mengumpulkan 31 poin dari tujuh kali menang, 10 kali seri dan 12 kali kalah. Total poin yang dikoleksi PSS bahkan sama dengan Persita yang berada di posisi 14 klasemen dan Arema yang berada di urutan 16 klasemen dengan torehan 31 poin. 

Pasukan Super Elja hanya satu peringkat di atas zona degradasi. Hingga kini Arema, Bhayangkara dan Persikabo 1973 menghuni zona degradasi di posisi 16, 17 dan 18 secara berurutan. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menko Airlangga Isi Kuliah Tamu di LSE: Indonesia On-Track Capai Visi Indonesia Emas 2045

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement