Advertisement

Angka Kunjungan Wisatawan di Gunungkidul Diprediksi Terus Menurun

Andreas Yuda Pramono
Senin, 18 Maret 2024 - 21:07 WIB
Maya Herawati
Angka Kunjungan Wisatawan di Gunungkidul Diprediksi Terus Menurun Foto ilustrasi. Aktivitas pariwisata di Kawasan Pantai Indrayanti di Kalurahan Tepus, Tepus beberapa waktu lalu. Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Gunungkidul mengatakan bahwa angka kunjungan di Bumi Handayani sejak awal bulan puasa atau tanggal 11 Maret 2024 sampai 17 Maret 2024 menyentuh angka 14.151 wisatawan. Angka kunjungan ini diprediksi akan semakin turun.

Sub Koordinator Objek dan Daya Tarik Wisata Dispar Gunungkidul, Aris Sugiantoro mengatakan angka kunjungan wisatawan di Bumi Handayani selama sepekan sejak awal bulan puasa menyentuh angka 14.151 wisatawan.

Advertisement

Menurut dia angka kunjungan tersebut akan menurun di pekan kedua bulan puasa. Pasalnya, pekan pertama angka kunjungan dapat lebih baik karena ada libur Nyepi dan cuti bersama bulan puasa. Katanya, angka kunjungan di bulan puasa paling banyak hanya 30% dibandingkan dengan bulan/hari-hari biasa. “Mungkin pekan ini angka kunjungan akan turun lagi karena tidak ada hari libur,” kata Aris dihubungi, Senin (18/3/2024).

BACA JUGA: Tinggal 2 Hari, Begini Hasil Modifikasi Cuaca BNPB di Semarang

Aris menambahkan bahwa dari kunjungan 14.151 wisatawan, pendapatan asli daerah (PAD) yang didapat Pemkab mencapai Rp139,9 juta.

Kepala Dispar Gunungkidul, Oneng Windu Wardana telah menyampaikan bahwa tren kunjungan wisatawan pada bulan puasa cenderung turun. Kenaikan baru akan terjadi lima hari sebelum libur Lebaran ketika pemudik mulai berdatangan.

Spending money di Gunungkidul pun tergolong rendah. Rata-rata pengeluaran wisatawan dalam satu hari hanya mencapai Rp242.832. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul, Sunyata mengatakan rata-rata pengeluaran wisatawan tersebut dipengaruhi oleh lama tinggal yang sebentar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Butuh 14 Tahun Bersihkan Puing di Gaza Imbas Agresi Israel

News
| Sabtu, 27 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement