Advertisement

Dishub Bantul Mulai Gelar Ramp Check untuk Pastikan Kesiapan dan Kelayaan Angkutan Umum

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 21 Maret 2024 - 15:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dishub Bantul Mulai Gelar Ramp Check untuk Pastikan Kesiapan dan Kelayaan Angkutan Umum Ilustrasi petugas melakukan ramp check pada bus yang datang dan berangkat di Terminal Tipe A Giwangan, Kamis (21/12/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul mulai melakukan ramp check angkutan umum menjelang Lebaran 2024. Kegiatan tersebut dilakukan secara rutin untuk memastikan keselamatan dan keamanan berkendara.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Bantul Toto Pamudji Rahardjo menyampaikan ramp check kendaraan tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan dan kelayakan kendaraan yang akan beroperasi selama Lebaran 2024.

Advertisement

“Target kami mengecek armada-armada yang ada di Bantul seperti bus wisata, kapal wisata dan jip wisata. Dalam rangka untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di jalan, terutama pada angkutan umum,” katanya saat ditemui di Kantor Dishub Bantul, Kamis (21/3/2024).

Dia menyampaikan ramp check dilakukan terhadap angkutan umum darat dan laut yang beroperasi di Bantul. Pihaknya telah melakukan inspeksi ke beberapa Perusahaan Oto (PO) Bus, antara lain Tata Transport, PO Gresika, Acropolis Transport dan Semut Ireng Transport. “Ada 16 bus yang telah diinspeksi. Dari jumlah tersebut, ada empat kendaraan yang dinyatakan lolos uji kelayakan beroperasi,” katanya.

Baca Juga

Ini Dia Pelanggaran yang Banyak Ditemukan saat Ramp Check di Terminal Giwangan, Rata-rata Masalah Administrasi

Masih Ada Bus Tak Layak Jalan, Ramp Check Diperketat di Terminal Giwangan Jelang Libur Nataru

Dishub Bantul Lakukan Ramp Check, Ada Bus Izin Trayeknya Kedaluwarsa

Sementara sisanya yang belum memenuhi ketentuan, menurut Toto telah diberikan arahan untuk pembinaan dan diarahkan sesuai dengan masalah yang menjadi temuan. “Sedang kami bina. Minimal diarahkan untuk uji kir, apalagi sekarang uji kir nol rupiah,” ucap Toto.

Selain itu, menurut Toto pihaknya juga telah melakukan ramp check angkutan kapal wisata di Laguna View Depok. DIsana telah dilakukan inspeksi terhadap perahu Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP). Dari inspeksi tersebut, ada sembilan kapal yang telah dilakukan ramp check. “Enam kapal dinyatakan telah dinyatakan layak beroperasi. Sementara tiga kapal sisanya telah diberikan pas kapal, yakni surat izin operasional bagi kapal wisata,” katanya.

Kemudian ramp check juga telah dilakukan terhadap jip wisata yang ada di Bantul. Lokasi ramp check berada di kawasan Pantai Parangtritis dan sejumlah objek wisata di Dlingo. Hal itu sendiri telah dilakukan secara periodik menjelang masa Lebaran juga Natal dan Tahun Baru (Nataru). “Jip wisata nanti kami agendakan, saat ini bus wisata sama kapal dulu,” kata Toto.

Toto menjelaskan dalam ramp check ada sejumlah aspek teknis yang diperiksa. Seperti fungsi roda, lampu, klakson, kondisi rem dan kondisi ban. Lalu juga sarana prasarana kelengkapan keselamatan seperti alat pemadam api ringan (APAR). “Kalau di kapal apakah ada pelampung atau tidak. Di jip wisata kami cek, apakah ada helm pengaman dan sabuk pengamannya. Sampai sedetail itu,” jelasnya.

Dia memastikan dinasnya akan mengoptimalkan persiapan-persiapan angkutan menjelang Lebaran 2024. Hal itu untuk memastikan keselamatan agar tidak ada angka kecelakaan lalu lintas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puluhan Benda Bersejarah dari Masa Majapahit, Dikembalikan AS ke Indonesia dan Kamboja

News
| Sabtu, 27 April 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement