Advertisement

Warga Terdampak Bencana di Sleman, Mulai Terima Bantuan

Catur Dwi Janati
Jum'at, 22 Maret 2024 - 09:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Warga Terdampak Bencana di Sleman, Mulai Terima Bantuan Ilustrasi uang / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ratusan warga terdampak bencana di Sleman mulai mendapat gelontoran bantuan di awal ramadan ini. Para warga yang mendapat bantuan kebencanaan ini sebelumnya terdampak bencana angin kencang dan kebakaran yang terjadi di Sleman.

Bantuan kebencanaan ini secara simbolis oleh Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa kepada perwakilan penerima bantuan. Danang menuturkan jika bantuan yang berikan ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian Pemkab Sleman kepada warga Sleman yang terdampak bencana.

Advertisement

Meski bantuan yang diberikan ini mungkin belum cukup untuk memulihkan keseluruhan dampak bencana, bantuan ini merupakan wujud komitmen Pemkab Sleman untuk membantu warganya.

"Kami berharap bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meringankan beban saudara-saudara," tutur Danang pada Kamis (21/3/2024) di ruang Oproom Unit I Pemkab Sleman.

BACA JUGA: Panen DIY April-Mei Diperkirakan Hasilkan Beras 192 Ribu Ton

Dari kacamata Danang, Kabupaten Sleman merupakan wilayah yang sangat rawan terhadap berbagai bencana. Ancaman bencana yang bisa terjadi di Sleman di meliputi erupsi Merapi, gempa bumi, angin kencang, tanah longsor, banjir, kebakaran dan sebagainya. Oleh karena itu ia berpesan kepada masyarakat agar memiliki kesadaran dan kesiapsiagaan dalam menghadapi setiap kejadian bencana.

"Kedepan tentunya kita harus mewaspadai ancaman berbagai bencana yang ada disekitar kita," kata Danang.

Danang juga mengajak seluruh masyarakat sleman untuk menjaga dan merawat alam.  Pasalnya ia menilai kerusakan alam yang dilakukan manusia berpotensi menimbulkan bencana alam di kemudian hari. Maka dari itu, Danang berharap masyarakat juga bersama-sama memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan.

Kepala BPBD Sleman, Makwan menerangkan bantuan kebencanaan kali ini diberikan kepada 161 warga Sleman. Ratusan warga terdampak bencana tersebut tersebar di 10 Kapanewon, 18 Kalurahan dan 43 Padukuhan. Total, nilai bantuan kebencanaan yang disalurkan pada kesempatan ini mencapai Rp 127,9 juta.

Sebelum disalurkan, BPBD Sleman telah melalukan verifikasi kepada warga terdampak bencana untuk periode Februari 2024. Verifikasi ini bertujuan untuk memastikan bantuan yang diserahkan tepat sasaran. Selain itu verifikasi ini juga untuk mengetahui tingkatan kerusakan yang dialami warga. Pasalnya hal tersebut akan menjadi acuan terhadap jumlah bantuan yang diterima oleh warga terdampak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement