Advertisement

Jelang Lebaran, Bupati Kustini Ajak Warga Borong Produk Asli Sleman

David Kurniawan
Jum'at, 22 Maret 2024 - 12:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Jelang Lebaran, Bupati Kustini Ajak Warga Borong Produk Asli Sleman Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat meninjau stand UMKM dalam kegiatan Pasar Lebaran 2024 di kawasan Lapangan Pemkab Sleman. Kamis (21/3 - 2024). Foto humas Pemkab Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Bupati Kustini Sri Purnomo mengajak Masyarakat untuk memborong atau membeli produk UMKM di Kabupaten Sleman untuk keperluan Lebaran. Langkah ini sebagai bentuk apresiasi dan dukungan pengembangan sektor usaha kecil dan mikro di Bumi Sembada.

“Saya senantiasa mengajak untuk borong bareng dan jadikan produk-produk UMKM Sleman sebagai prioritas utama guna memenuhi kebutuhan Lebaran maupun keperluan sehari-hari,” kata Kustini dalam keterangannya, Jumat (22/3/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Tuban Jawa Timur Siang Ini

Menurut dia, dengan membeli produk lokal maka ikut berpartisipasi dalam mengembangkan UMKM di Sleman. Kustini berjanji untuk terus memberikan pendampingan serta upaya promosi berkala, salah satunya melalui program Pasar Lebaran Sleman 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM.

“Pasar Lebaran menjadi salah satu sarana promosi dan harapannya dapat semaksimal mungkin dimanfaatkan untuk mengenalkan produk yang dimiliki serte memperluas jaringan pemasaran. Semakin dikenal, maka potensi laku di pasaran juga semakin tinggi,” katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Tina Hastani mengatakan, Pasar Lebaran Sleman merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun. Untuk 2024, penyelenggaraan berlangsung hingga 21-24 Maret.

“Tahun ini mengambil tema Borong Bareng Produk Sleman, Lebaran Makin Berkesan,” kata Tina.

Dia menjelaskan, Pasar Lebaran ini diikuti sebanyak 111 peserta, terdiri dari pelaku UMKM sebanyak 103 peserta dan delapan Gerakan koperasi di Sleman. Untuk jenis UMKM yang mengikuti meliputi 72 pelaku usaha kuliner, 24 fashion, 12 kerajinan tangan dan produk tanaman hias sebanyak lima peserta.

“Untuk menyemarakan acara juga ada kegiatan lomba, workshop hingga penukaran pecahan uang baru. Ada juga pasar murah kebutuhan pokok seperti minyak goreng, telur, beras dan lainnya,” katanya.

Ia berharap gelaran ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Selama penyelenggaraan ditargetkan ada transaksi sekitar Rp210 juta.

“Naik dibandingkan dengan nilai transkasi penyelenggaraan di tahun lalu sebesar Rp193 juta. Selain menyemarakan Ramadan, kegiatan ini juga untuk mempromosikan UMKM di Sleman,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah Internasional

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement