Advertisement

Tol Jogja-Solo Beroperasi Gratis untuk Mudik Lebaran 2024, Ini Ketentuan Mobil Melintas dan Pintu Keluar Masuknya

Sunartono
Kamis, 28 Maret 2024 - 08:57 WIB
Sunartono
Tol Jogja-Solo Beroperasi Gratis untuk Mudik Lebaran 2024, Ini Ketentuan Mobil Melintas dan Pintu Keluar Masuknya Sejumlah pekerja melakukan persiapan pada jalur fungsional Tol Solo-Jogja di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (21/12/2023). Jalur fungsional Tol Solo-Jogja dibuka pada Jumat (22/12/2023) pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB untuk kendaraan golongan I saat arus mudik Natal 2023. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho - nz.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tol Jogja-Solo akan beroperasi secara fungsional untuk mendukung arus Mudik Lebaran 2024. PT Jasa Marga Jogja-Solo selaku pengelola tol pun mulai mempersiapkan sejumlah alur masuk dan keluar di tol tersebut untuk membuat kenyamanan pemudik lebaran 2024.

Kepastian akan dioperasikannya tol Jogja-Solo untuk mudik Lebaran 2024 ini disampaikan melalui akun Instagram @Jasamargajogjasolo. Jalur fungsional tol Jogja-Solo yang dapat dilalui oleh para pemudik merupakan bagian dari pekerjaan tahap I jalan tol ini, yaitu segmen ruas Kartasura-Klaten.

Advertisement

BACA JUGA : Pengembang Tol Jogja-Solo Seksi 2 Tambal Jalan di Ring Road untuk Kelancaran Mudik

Panjang ruas tol pun ditambah dibandingkan saat operasional pada Nataru 2023 lalu. Dari sebelumnya hanya sampai exit toll Karanganom, pada Lebaran 2024 akan sampai di exit toll Klaten atau Karangawen.

"Terdapat penambahan panjang ruas fungsional dibandingkan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) lalu,
Untuk fungsionalisasi pada arus mudik Lebaran 2024 kami rencanakan minimal (para pemudik) dari Solo sudah bisa exit di Kecamatan Ngawen, Klaten dengan waktu tempuh hanya 25 menit. Panjang jalur fungsional sekitar 22 km atau bertambah 9 km dari panjang jalan tol fungsional pada Nataru kemarin," tulis akun @jasamargajogjasolofficial.

Penambahan panjang ruas itu karena arus lalu lintas mudik lebaran 2024 diprediksi akan meningkatkan dibandingkan saat Nataru. Arus lalu lintas akan diberlakukan adalah satu arah dengan menggunakan satu jalur. Adapun jenis kendaraan yang boleh melewati tol fungsional ini dibatasi hanya golongan 1 berupa kendaraan roda 4 non-bus dan non-truk.

"Jam diberlakukannya jalur fungsional ini adalah dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore".

Para pemudik dapat memasuki tol Jogja-Solo fungsional ini melalui beberapa akses. Pada periode masa mudik Lebaran 2024, jika pemudik datang dari jalur Tol Trans Jawa dapat langsung melanjutkan perjalanan ke jalur fungsional tol Jogja-SOlo ini melalui Gerbang Tol Colomadu dan langsung menuju ke exit tol Karanganom atau exit tol Klaten.

BACA JUGA : Mudik Lebaran 2024, Batas Kecepatan Melewati Tol Jogja-Solo 40 Km per Jam

"Sedangkan untuk pemudik dari jalan arteri [non tol] yaitu yang akan masuk dari sekitaran Solo dan Boyolali pengendara bisa masuk melalui Gerbang Tol Banyudono untuk tujuan tol Trans Jawa dan tujuan Klaten dan Jogja [Tol Jogja-Solo]," tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement