Advertisement

Baznas Jogja Buka Booth di Pusat Keramaian, Permudah Masyarakat Bayar Zakat

Alfi Annisa Karin
Kamis, 28 Maret 2024 - 12:17 WIB
Ujang Hasanudin
Baznas Jogja Buka Booth di Pusat Keramaian, Permudah Masyarakat Bayar Zakat Baznas Kota Jogja membuka booth di Teras Malioboro sebagai upaya edukasi dan mendekatkan fasilitas pembayaran zakat di tengah masyarakat / Dokumentasi Baznas Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Jogja gencar melalukan sosialisasi soal zakat, baik secara online melalui sosial media maupun turun langsung di tengah masyarakat.

Salah satu upaya menghadirkan Baznas agar dekat dengan masyarakat adalah program layanan booth Baznas Kota Jogja di beberapa titik pusat keramaian di Kota Jogja. Sekretaris Baznas Kota Jogja Misbahrudin menuturkan benerapa lokasi booth itu ada di Teras Malioboro, Jogjatronik, Malioboro Mall, hingga Pasar Beringharjo. Buka mulai pukul 10.00-21.00 WIB.

Advertisement

"Booth telah dibuka sejak awal Ramadan. Selain fasilitasi menerima zakat itu juga edukasi kepada masyarakat," ujar Misbahrudin saat dihubungi, Kamis (28/3).

Tujuan utama keberadaan booth ini adalah menjadi fasilitas edukasi kepada masyarakat. Konsultasi berkaitan dengan zakat juga bisa dilakukan di sini. Di sisi lain ini juga merupakan upaya Baznas Kota Jogja untuk lebih dekat dengan masyarakat, sehingga bisa melaksanakan zakat secara langsung. Sebab, masih ada sebagian masyarakat yang merasa kurang afdol jika menyampaikan zakatnya secara online.

BACA JUGA: Baznas Jogja Gelar Pesantren bagi Pekerja Informal Selama Ramadan, Dapat Uang Saku Rp1,5 Juta

"Masih ada masyarakat yang bayar zakat itu ingin bertemu langsung dengan amilnya karena itu konteks didoakan. Meskipun via transfer juga didoakan, tapi ada para muzaki yang berzakat itu ingin ketemu langsung sehingga bisa didoakan," imbuhnya.

Dalam praktiknya, Misbahrudin mengatakan layanan booth ini sangat membantu masyarakat. Bahkan, tahun lalu ada seorang warga yang berasal dari luar pulau turut membayarkan zakatnya melalui booth yang disediakan Baznas Kota Jogja.

"Bahkan Ramadan kemarin itu ada orang Papua yang kebetulan ada di Malioboro Mall bayar zakat di situ. Baik zakat fitrah maupun zakat mal," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan NasDem Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Anies Bilang Begini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement