Advertisement

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Media Digital
Kamis, 28 Maret 2024 - 16:17 WIB
Arief Junianto
Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan Suasana rapat awal pelaksanaan piloting PBJ berkelanjutan oleh Pemda DIY pada Kamis (28/3/2024). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

JOGJA—Pemda DIY melaksanakan rapat awal pelaksanaan piloting pengadaan barang dan jasa (PBJ) berkelanjutan untuk tahun ini. Program ini sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DIY No. 57/2023 tentang Peta Jalan Pengadaan Barang/Jasa Berkelanjutan tahun 2023-2025.

Sekda DIY, Beny Suharsono mengatakan Pemda DIY memulai jalan baru lewat penerapan program PBJ berkelanjutan yang diterapkan pada lima organisasi perangkat daerah (OPD). Kelimanya yakni Disbud DIY, Disnakertrans, DPUPESDM, Disdikpora dan Disperindag DIY. "PBJ berkelanjutan menjadi instrumen untuk memotret kesiapan dari aspek SDM, ketersediaan produk dan proses pengadaanya," kata Beny, Kamis (28/3/2024). 

Advertisement

Menurutnya, saat ini pelaksanaan PBJ berkelanjutan merupakan langkah progresif yang menandakan tantangan perubahan lingkungan. Dalam setiap payung hukumnya PBJ berkelanjutan mengamanatkan bahwa pemerintah harus mempertimbangkan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. 

"Diharapkan program ini jadi pedoman seluruh OPD untuk menginisiasi PBJ berkelanjutan secara berkesinambungan. Ini akan jadi tonggak penting sebagai pelopor yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat," kata dia. 

Sekretaris Tim Implementasi PBJ Berkelanjutan DIY Kusno Wibowo menyebut, untuk tahap awal pihaknya akan menetapkan tiga produk yang diusung dalam program PBJ berkelanjutan itu yakni AC, furnitur dan semen. Ini mempertimbangkan kebutuhan OPD dan juga ketersediaan produk di pasaran. "Memang sudah ada sembilan produk yang ramah lingkungan dan berstandar hijau tapi kita baru tiga. Mungkin pada tahun depan OPD dan produknya akan bertambah," ujarnya. 

BACA JUGA: Anggaran Mepet, Pengadaan Lampu Jalan Kulonprogo Tahun Ini Cuma 21% dari Total Kebutuhan

Menurutnya tujuan dilaksanakannya PBJ ini adalah untuk mengetahui tantangan dan kendala pengadaan produk ramah lingkungan dan identifikasi potensi pengembangan dan penerapan aspek PBJ berkelanjutan. Selain itu juga untuk memotret produk yang ramah lingkungan.  "Program ini juga untuk memprioritaskan belanja produk ramah lingkungan sesuai dengan lingkup piloting dan sesuai rencana pengadaan," imbuhnya. 

Untuk peta jalan penerapan program ini Pemda DIY pun telah menyusunnya. Kick off PBJ berkelanjutan direncakan pada pekan keempat Maret, FGD progres piloting untuk memonitor progres hasil pada minggu kedua Mei, dan lokakarya hasil piloting pada minggu ketiga Juni untuk melihat laporan hasil dan pembelajaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement