Advertisement

Tol Jogja Solo Dibuka Fungsional Mulai 5 April untuk Pemudik, Berikut Ketentuannya

Abdul Hamied Razak
Rabu, 03 April 2024 - 08:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Tol Jogja Solo Dibuka Fungsional Mulai 5 April untuk Pemudik, Berikut Ketentuannya Pintu masuk tol Solo Jogja Gerbang Tol (GT) Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah. Abdul Hamid Razak - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jalur fungsional Tol Solo Jogja dari Colomadu dan Banyudono Boyolali hingga Ngawen, Kota Klaten mulai dibuka pada Jumat 5 April hingga 15 April mendatang.

Dengan jarak sepanjang 22 kilometer dari Banyudono-Ngawen, para pemudik hanya membutuhkan waktu 25 menit saja. Padahal saat kondisi normal di jalan arteri masyarakat membutuhkan waktu sekitar 50 menit.

Advertisement

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) Rudy Hardiansyah menjelaskan dengan melewati jalur fungsional ini, masyarakat tidak perlu melewati 15 titik Lampu APILL (Alat Pemberi isyarat Lalu Lintas) sepanjang Solo-Klaten.

BACA JUGA: Tol Jogja-Solo Dibuka Fungsional secara Gratis bagi Pemudik Mulai Jumat 5 April 2024

"Kalau lewat tol, masyarakat bisa menghemat waktu perjalanan dari akses Gerbang Tol (GT) Colomadu menuju Klaten hingga 25 menit jika dibandingkan dengan jalan nasional,” ujar Rudy, Selasa (2/4/2024).

Rudy menjelaskan, jalur fungsional Jalan Tol Jogja Solo (Colomadu s.d Ngawen) merupakan bagian dari pekerjaan tahap 1 Jalan Tol Jogja–Solo Segmen Kartasura-Klaten. Jalur fungsional ini bakal dioperasikan saat periode arus mudik (satu arah dari Colomadu menuju Ngawen) pada 5-11 April 2024 dan saat periode arus balik (satu arah dari Ngawen menuju Colomadu) pada 12-15 April 2024.

Tol fungsional tersebut selama arus mudik dan arus balik hanya beroperasi pukul 06.00 WIB-17.00 WIB. Menurut Rudy, seluruh golongan 1 kendaraan roda empat (non bus dan nontruk) diperbolehkan melewati jalur fungsional tersebut mulai dari Colomadu s.d IC Kartasura.

Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 KM/jam. "Untuk keselamatan bersama, semua pengendara yang akan melakukan mudik Lebaran 2024 diharapkan untuk berkendara dalam kondisi prima, mematuhi rambu lalu lintas, dan mematuhi batas kecepatan 40 km/jam," ujar Rudy.

Rudy memprediksi jumlah kendaraan yang melewati ruas jalan tol tersebut antara 1000-1.200 unit kendaraan per jam. Selama dibuka satu hari jumlah kendaraan yang masuk di prediksi mencapai 12.000 unit per hari. Pada saat arus mudik (5-11 April) dari arah Solo ke Jogja diberlakukan satu arah begitu juga saat arus balik (12-15 April) dari arah Jogja ke Solo.

BACA JUGA: Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo saat Mudik Lebaran Hanya 22 Km, Begini Mekanisme dan Lokasi Exit Tolnya

"Dengan jalur yang lebih panjang, kami berharap dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat karena jalur fungsional ini dapat menjadi jalur alternatif untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di Tugu Kartasura Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta,” ujar Rudy.


Akses Masuk dan Keluar


Akses masuk jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo dari jalan Nasional dapat diakses melalui akses GT Banyudono dan Kartasura yang dekat dari GT Colomadu. Pada periode arus mudik, apabila pemudik datang dari Jalan Tol Trans Jawa dapat langsung melanjutkan perjalanan melalui GT Colomadu menuju ke akses keluar GT Karanganom atau akses keluar GT Banyudono.

Sedangkan untuk pemudik dari jalan arteri (non tol) yang akan masuk dari Solo dan Boyolali, pengendara bisa masuk melalui akses GT Banyudono. Sebaliknya saat periode arus balik, pengendara dapat masuk ke jalur fungsional dari akses GT Karanganom atau akses GT Banyudono untuk bisa melanjutkan perjalanan.

PT JMJ menyiagakan petugas untuk mengawal operasional jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo agar berjalan lancar di antaranya menyediakan Posko Kepolisian & Dishub Karanganyar di Ramp Colomadu, Posko Kepolisian & Dishub Boyolali di Akses Banyudono, Posko Lebaran 2024 & Titik Komando GT Banyudono, Pos Pantau STA 13+000, Posko Kepolisian & Dishub Klaten Exit Karanganom, dan Posko Kepolisian & Dishub Klaten Exit Klaten (STA 22+000).

“Untuk pengguna jalan yang ingin rehat sejenak, kami menyediakan rest area fungsional di KM 19. Kami juga menyediakan layanan toilet dan SPBU mobile di sepanjang jalur fungsional. Apabila pengguna jalan mengalami keadaan darurat kami juga menyediakan sarana parasarana dan fasilitas pendukung seperti Mobile Customer Service (MCS), ambulance, rescue, serta layanan derek gratis hingga exit tol terdekat," katanya.

Selain itu PT JMJ juga telah menyiapkan rambu-rambu petunjuk dan peringatan seperti batas kecepatan, rambu penunjuk arah, dan Traffic Light atau Lampu APILL yang berada di jalan Nasional di depan Ramp Colomadu, Akses GT Banyudono, dan jalan Nasional di depan akses Karanganyar.

Pengendara yang ingin beristirahat dapat memanfaatkan Rest Area STA 19+000 dekat IC Klaten. Sebanyak enam Posko Lebaran 2024 beserta Posko Kepolisian dan Dishub juga telah disiapkan bagi pengendara yang membutuhkan informasi atau bantuan di sepanjang Jalan Tol Fungsional Jogja–Solo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dalami Kasus Investasi Fiktif di PT. Taspen, KPK Periksa Eks Kepala Managemen Resiko

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement