Advertisement

Jumat Dibuka, Begini Rute Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo selama Mudik dan Arus Balik

Catur Dwi Janati
Rabu, 03 April 2024 - 15:07 WIB
Arief Junianto
Jumat Dibuka, Begini Rute Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo selama Mudik dan Arus Balik Tampak atas titik interchange (IC) atau simpang susun Karanganom di Tol Jogja-Solo. - Istimewa/PT JMJ

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Jalur fungsional Tol Jogja-Solo mulai dibuka Jumat (5/4/2024). Rute keluar masuk pengendara di jalan tol itu pun kian dimatangkan. Acuan ini bisa dipakai para pengendara saat mudik via jalur fungsional Tol Jogja-Solo.

PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) selaku pengelola Jalan Tol Solo-Jogja-YIA akan mengoperasikan jalur fungsional sepanjang 22 kilometer dari Colomadu sampai dengan Ngawen.

Advertisement

Direktur Utama PT JMJ Rudy Hardiansyah menjelaskan jalur fungsional Tol Jogja-Solo akan dibuka 5-11 April 2024 untuk arus mudik dan 12-15 April 2024 untuk arus balik. "Pada periode tersebut, kami membuka jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo Ruas Colomadu-Ngawen dengan jam operasional mulai pukul 06.00-17.00 WIB," kata Rudy, Rabu (3/4/2024).

Akses masuk jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo dari jalan nasional dapat diakses melalui akses Gerbang Tol (GT) Banyudono dan GT Colomadu.

Pada periode arus mudik, pemudik yang datang dari arah jalan Tol Trans Jawa bisa langsung melanjutkan perjalanan melalui GT Colomadu menuju ke akses keluar GT Karanganom, exit toll Ngawen atau akses keluar GT Banyudono.

Sedangkan untuk pemudik yang akan masuk dari Solo dan Boyolali dari jalan arteri (non tol), para pngendara bisa masuk jalur fungsional Tol Jogja-Solo melalui akses GT Banyudono.

Di sisi yang lain pada saat arus balik, pengendara dapat masuk ke jalur fungsional Tol Jogja-Solo via Ngawen Klaten dengan masuk ke GT Karanganom menuju GT Banyundono atau GT Colomadu.

Agar berjalan lancar, PT JMJ akan menyiapkan petugas untuk mengawal operasional jalur fungsional jalan Tol Jogja-Solo. "Nanti yang boleh melewati jalur fungsional ini khusus kendaraan Golongan I non bus/kendaraan kecil," ujarnya.

Posko Lebaran

Tak hanya itu, sejumlah Posko Lebaran 2024 juga dibangun di area jalur fungsional Tol Jogja-Solo. Sebanyak tujuh Posko Lebaran 2024 beserta Posko Kepolisian dan Dishub juga telah disiapkan bagi pengendara yang membutuhkan informasi atau bantuan di sepanjang Jalan Tol Fungsional Jogja–Solo. Posko-posko tersebut tersebar di GT Banyudono, Pos Pantau di KM 13+000 dan KM 19+000 serta Posko Kepolisian dan Dishub di Colomadu, Banyudono, Karanganom serta Ngawen.

Untuk keselamatan bersama, semua pengendara yang akan mudik via jalur fungsional Tol Jogja-Solo diharapkan untuk berkendara dalam kondisi prima dan mematuhi rambu lalu lintas. Pengendara digarap mematuhi batas kecepatan 40 km per jam selama melintasi di jalur fungsional Tol Jogja-Solo. "Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 kilometer per jam," tegas Rudy.

BACA JUGA: Tol Jogja Solo Dibuka Fungsional Mulai 5 April untuk Pemudik, Berikut Ketentuannya

Sebelumnya, Manajer Humas PT Jasamarga Jogja Solo, Rachmat Jasiman menjelaskan bila persiapan terus dilakukan menjelang dibukanya jalur fungsional Tol Jogja-Solo. "Sementara kita masih masa persiapan terkait untuk lebaran. Kan rencananya kami siapkan pada 5 April," ujarnya.

Rachmat memastikan jalur tol akan dibuka satu arah tergantung waktunya, saat arus mudik atau arus balik. Arus mudik dibuka mulai 5 April hingga 11 April.

Pemudik dapat melewati fungsional Tol Jogja-Solo dari Colomadu ke arah Klaten. Sementara pada 12-15 jalur fungsional Tol Jogja-Solo akan berlaku sebaliknya yakni satu arah dari arah Klaten ke Colomadu. 

Tak perlu khawatir, hingga saat ini Rachmat memastikan pemudik yang melintas di fungsional Tol Jogja-Solo tidak akan dipungut biaya. " Untuk tarif, masih gratis," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bisnis Data Center NeutraDC Hadir Sebagai Penyedia AI Enabler di Indonesia Cloud & Datacenter Convention 2024

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement