Advertisement

Ratusan Massa Gelar Aksi Damai di Tugu Jogja, Beri Dukungan Moral untuk MK

Sunartono
Jum'at, 05 April 2024 - 23:57 WIB
Sunartono
Ratusan Massa Gelar Aksi Damai di Tugu Jogja, Beri Dukungan Moral untuk MK Massa melakukan aksi damai di Simpang Empat Tugu Jogja Jumat (5/4/2024) petang. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ratusan massa melakukan aksi damai di Simpang Empat Tugu Jogja Jumat (5/4/2024) petang. Mereka menyuarakan dukungan moral untuk Mahkamah Konstitusi (MK) yang sedang menggelar sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU).

Massa aksi menamakan diri Aliansi Rakyat Jogja Menggugat (Arjog). Mereka berasal dari lintas organisasi, terdiri atas Paksi Katon, SBSI, AM FUI, Kurma, AB Ningrat, SKI, Trengginas, Raja Bersatu, Garda dan lain-lain. "Aksi damai ini kami gelar di Tugu Jogja sebagai dukungan moral terhadap MK agar dapat menangani PHPU secara jujur, adil, independen dan bebas dari intervensi," kata Korlap Aksi Agus Hartana dalam keterangan tertulisnya.

Advertisement

BACA JUGA : Mahkamah Konsitusi Diminta Hadirkan Kapolri sebagi Saksi Sengketa Pemilu

Ia menilai ketika MK memiliki keleluasaan, maka diharapkan bisa memberikan penilaian objektif dan independen atas sengketa yang sedang ditangani. Dengan demikian dapat menghasilkan keputusan yang bisa memulihkan integritas lembaga tersebut.

"Sebagai benteng terakhir konstitusi, diharapkan agar MK bisa lebih independen dalam menangani sengketa. Dari proses pra pemilu, pelaksanaan pemilu, hingga pasca pemilu," ujarnya.

Sejumlah tokoh yang hadir dalam aksi tersebut antara lain Syukri Fadholi, Prof Muh Chirzin, KRT Padmo Condro Negoro, Azman Latief, Afnan Malay, Damaira Pakpahan, In’am el Mustofa, Akhid Widi hingga Mariana Ulfah.

BACA JUGA : Istana Sebut Menteri Dipanggil MK Terkait Sengketa Pilpres Tak Perlu Izin Presiden Jokowi

"Memang akhir-akhir ini aksi serupa sering digelar di Jogja, termasuk pada momen Ramadan. Bedanya, aksi diakhiri dengan buka puasa bersama dan salat Magrib. Kami menyediakan 1.000 paket takjil, dari hasil donasi iuran bersama," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

World Water Forum 2024, Presiden WWC: Saatnya Jadi Pendekar Air

News
| Senin, 20 Mei 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement