Advertisement

Cuaca Ekstrem Berpotensi Melanda Saat Libur Lebaran, Begini Imbauan BPBD Bantul

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 05 April 2024 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Cuaca Ekstrem Berpotensi Melanda Saat Libur Lebaran, Begini Imbauan BPBD Bantul Ilustrasi cuaca buruk. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULBPBD Bantul mengimbau masyarakat agar mewaspadai cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi pada Idulfitri 2024. Diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memprediksi adanya kondisi hujan dalam curah ringan sampai sedang sebelum dan sesudah Idulfitri 2024.

Kepala Bidang Kedaruratan, Logistik dan Peralatan, BPBD Bantul, Antoni Hutagaol menyampaikan pihaknya mengimbau masyarakat memperhatikan beberapa kerawanan yang mungkin dapat terjadi selama cuaca ekstrem tersebut, misalnya di Dlingo yang rawan longsor saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi. 

Advertisement

Antoni menyampaikan pihaknya akan memberi sosialisasi bersama Dinas Pariwisata (Dinpar) Bantul kepada pengelola destinasi wisata. Terutama yang berpotensi rawan banjir dan longsor untuk melakukan mitigasi bencana. “Hal itu perlu dipikirkan karena banyak wisata-wisata di Bantul yang berada di daerah rawan longsor dan banjir,” katanya, Jumat (5/4/2024). 

Selain itu, BPBD Bantul juga telah mendirikan Posko Bansor di 36 kalurahan dan satu Posko Induk di Kantor BPBD Bantul untuk mengantisipasi kejadian kebencanaan selama lebaran 2024. "Kami tetap selalu siap siaga terhadap mitigasi bencana. Masyarakat yang terkena dampak bencana juga sudah kami berikan bantuan bahan bangunan maupun yang lain,” katanya.

BACA JUGA: Waspada! BMKG Terbitkan 9 Daerah Siaga Cuaca Ekstrem

Sementara Sekretaris Daerah Bantul Agus Budiraharja menyampaikan Tim Reaksi Cepat (TRC), BPBD Bantul,  Palang Merah Indonesia (PMI) dan TRC juga telah bersiap apabila terjadi keadaan kegawatdaruratan selama Lebaran 2024. 

"Tenaga kesehatan baik di puskesmas dan rumah sakit semua siaga untuk antisipasi terkait dengan dampak lebaran maupun dampak dari cuaca ekstrem apabila terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan," katanya.

Menurutnya, terkait dengan kebencanaan atau situasi yang harus diantisipasi, yang paling penting adalah mitigasi. Pemkab Bantul selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya mitigasi bencana agar tidak menjadi korban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mantan Hakim Agung Gazalba Saleh Gunakan KTP Orang Lain untuk Pencucian Uang Rp25,9 Miliar

News
| Senin, 06 Mei 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement