Advertisement

Jelang Mudik Lebaran 2024, Sopir Bus di Terminal Jombor Tes Urine dan Cek Kesehatan

Catur Dwi Janati
Jum'at, 05 April 2024 - 16:37 WIB
Ujang Hasanudin
Jelang Mudik Lebaran 2024, Sopir Bus di Terminal Jombor Tes Urine dan Cek Kesehatan Suasana pemeriksaan tes urine dan pelayanan kesehatan bagi para pengemudi angkutan lebaran di Terminal Jombor oleh BNNP DIY pada Jumat (5/4/2024). - Harian Jogja // Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY melakukan tes urine untuk deteksi dini narkoba kepada para sopir angkutan lebaran di Terminal Jombor. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan para sopir angkutan lebaran di Jombor bebas dari penggunaan narkoba dan meningkatkan keselamatan selama mudik lebaran. 

Kepala BNN Provinsi DIY, Andi Fairan dalam rangka menjelaskan skrining berupa tes urine ini menyasar para pengemudi yang melayani angkutan lebaran. Dalam pos pemeriksaan, dibuka pula layanan kesehatan bagi para sopir.

Advertisement

"Kegiatan skrining yaitu cek urine bagi pengemudi yang melayani angkutan mudik sekaligus juga melaksanakan pelayanan kesehatan bagi pengemudi," kata Andi pada Jumat (5/4/2024) di Terminal Jombor. 

Sejumlah pengemudi angkutan lebaran di Terminal Jombor secara bergantian menjalani pemeriksaan. Lewat pemeriksaan ini, Andi ingin memastikan bahwa para pengemudi angkutan lebaran dalam kondisi sehat dan tidak dalam keadaan menggunakan narkoba. 

Tujuan akhirnya, pelaksanaan mudik di lebaran tahun ini diharapkan Andi bisa berjalan lancar dan aman. "Kami ingin meyakinkan bahwa pengemudi angkutan layanan mudik ini dalam kondisi sehat dan steril tidak menggunakan narkoba. Sehingga nantinya pelaksanaan mudik bisa berjalan dengan aman, lancar dan nyaman. kira-kira itu tujuan kami," tuturnya. 

Dari sejumlah urine yang diuji, BNNP DIY belum menemukan adanya pengemudi angkutan lebaran yang disinyalir menggunakan narkoba. Selain itu dari hasil cek kesehatan yang dilakukan, angka tensi hingga kadar gula dari para pengemudi juga dalam taraf normal.

"Sekarang kita sudah melaksanakan pemeriksaan beberapa driver yang melayani penumpang mudik, saat ini belum ditemukan adanya terpengaruh atau menggunakan narkoba. Kemudian pelayanan kesehatan ada pengecekan tensi, gula itu juga rata-rata masih dalam kondisi normal," tegasnya. 

BACA JUGA: Tol Jogja-Solo Dibuka Hari Pertama, Begini Kondisi Terkini Exit Toll Ngawen Klaten

Selain itu Andi berharap timbulnya kesadaran dari para pengemudi angkutan lebaran untuk tidak menggunakan narkoba. Pasalnya saat ini banyak masyarakat yang kembali ke kampung halaman menggunakan angkutan umum untuk mudik. Sehingga para pengemudi dinilai Andi harus mempersiapkan diri untuk menciptakan mudik yang aman dan nyaman.

Namun apabila nanti dari pemeriksaan ditemukan hasil urine yang positif menggunakan narkoba, pengemudi yang bersangkutan akan dibawa ke BNN untuk direhabilitasi di sana. 

"Kami ingin melakukan pemulihan supaya mereka tidak lagi menginginkan [narkoba], putus terhadap narkoba, karena narkotika ini adalah bencana sosial, bencana kemanusiaan, jika tidak kita lakukan pencegahan ini bisa menjadi masalah di negara kita ini," tegasnya.

Kepala UPT Balai Pengelolaan Terminal dan Perparkiran, Dinas Perhubungan DIY, Agnes Dhiany Indria Sari menyambut baik pemeriksaan dan cek kesehatan ini. Langkah ini diharapkan Agnes dapat memberi rasa aman bagi para penumpang pengguna angkutan lebaran bus. 

"Ini sangat luar biasa upaya dari kita semua untuk memberikan keselamatan bagi para penumpang mudik ke tempat tujuannya. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat bersinergi seterusnya ke depan dengan lebih baik lagi dan memberikan kenyamanan masyarakat untuk melakukan mudik dan arus balik menuju tujuan," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bisnis Data Center NeutraDC Hadir Sebagai Penyedia AI Enabler di Indonesia Cloud & Datacenter Convention 2024

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement