Advertisement

Atraksi Kelana Cerita Disajikan di Candi Prambanan hingga Borobudur selama Libur Lebaran

Abdul Hamied Razak
Minggu, 07 April 2024 - 05:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Atraksi Kelana Cerita Disajikan di Candi Prambanan hingga Borobudur selama Libur Lebaran Kawasan Wisata Candi Borobudur / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sederet atraksi bertajuk Kelana Cerita di Candi Borobudur, Candi Prambanan dan Ratu Boko serta Teater Pentas Ramayana disiapkan untuk mengisi masa ramai libur Lebaran.

Vice President Commercial and Experience PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (TWC) atau Injourney Destination Management (IDM) mengatakan sederet atraksi tersebut berkaitan dengan alur besar Kelana Cerita yang bisa disaksikan mulai tanggal 11–15 April 2024.

Advertisement

"Acara tersebut meliputi empat event turunan yakni Pasar Medang, Cipta Aksara, Sasana Kriya, dan Bhuvana Java," katanya, dikutip Minggu (7/4/2024).

BACA JUGA: Perayaan Idulfitri Perserikatan Muhammadiyah Tahun Ini Diprediksi Tak Berbeda dengan Pemerintah

Cipta Aksara menampilkan tiga aktivitas utama, yaitu, Dluwang Media Aksara, Lelakon Weton, dan Linocut Aksara. Dluwang Media Aksara merupakan aktivitas membuat suvenir pribadi menggunakan kertas dluwang.

Lelakon Weton merupakan aktivitas membaca weton metode Jawa berdasarkan weton kelahiran untuk mengetahui karakter, keberuntungan dan kemudian menulis hasil pembacaan weton dengan menggunakan aksara Jawa di media dluwang.

Linocut Aksara merupakan aktivitas mencetak media gambar berupa sablon cukil (linocut) pada media dluwang. Pengunjung bisa menyusun kata-kata menggunakan aksara Jawa gubahan, ornamen dan clipart karya dari Trag Studio Yogyakarta.

Cipta Aksara juga menghadirkan aktivitas Edu Kriya yang mengajak pengunjung untuk menukarkan sampah botol minuman plastik kemasan untuk diolah menjadi karya seni yang bisa menjadi suvenir khas yang memukau.

Aksi waste management yang berkolaborasi dengan artisan lokal ini sarat dengan experiential value, mendorong aksi keberlanjutan dengan peduli untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan selama berwisata.

Pengunjung bisa mengabadikan keseruan berlibur di kawasan destinasi melalui di Krayon Weton, aktivasi giant font #LebarandiCandi sebagai photo booth yang atraktif, di mana pengunjung bisa mencipta dan mewarnai aksara Jawa menggunakan krayon sesuai dengan kreativitasnya masing-masing.

Adapun Bhuvana Java menawarkan foto konsep tradisional Jawa dengan latar pemandangan candi Warisan Budaya Dunia yang istimewa. Di sini, pengunjung juga bisa memilih merchandise eksklusif yang diproduksi secara terbatas dan berkolaborasi dengan seniman berkebutuhan khusus dari Yayasan Bina Abyakta.

Sementara itu, Sasana Karya menampilkan hiburan serta penampilan kesenian budaya yang atraktif dan memukau. Program yang bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan DI Yogyakarta ini menambah kemeriahan kunjungan di destinasi candi. Selain itu, penampilan kelompok komunitas kesenian lokal dolanan anak tradisional tetap menjadi atraksi khas kunjungan di masa libur Lebaran 2024 ini.

BACA JUGA: Tol Jogja Solo Dibuka Fungsional, Basuki: Dukung Kelancaran Arus Mudik dan Balik Tahun Ini

Wisatawan juga akan menyaksikan parade penari yang melibatkan para penari Sendratari Ramayana dan Roro Jonggrang di destinasi Candi Prambanan. Kehadiran para penari ini menjadi figur yang bisa diajak berfoto dan berinteraksi dengan gaya dan penampilan yang khas, unik, dan menawan.

Mencicipi kuliner di Pasar Medang
Pengunjung juga bisa memanjakan lidah di kuliner Pasar Medang yang menghadirkan Daharan Lawasan antara lain kipo, gulali, kicak, jenang gempol, es gosrok, es limun maupun Daharan Anyaran yang menggugah selera.

Pasar Medang memunculkan pengalaman rasa yang menggugah selera yang bekerja sama dengan Komunitas Lawasan Mataram dan juga komunitas UMKM lokal.

"Tema Kelana Cerita Tanah Jawa menyusun serpih kisah adiluhung dari zaman nenek moyang dan dikemas secara fun untuk menghadirkan representasi berwisata yang menginspirasi dan menyenangkan," kata dia.

Di masa libur Lebaran 2024 ini, Unit Teater dan Pentas menyajikan pertunjukan Sendratari Ramayana Open Air pada 11, 13, 14, 16, 18 dan 20 April 2024 mulai pukul 19.30 WIB. Untuk pertunjukan dramatari Roro Jonggrang akan hadir pada 12, 15, 17, 19 April 2024 mulai pukul 19.30 WIB. Sementara, pertunjukan paling anyar, Shinta Obong, tampil di tanggal 12, 13, 19 dan 20 April 2024 mulai pukul 17.30 WIB.

"Kami perkirakan jumlah kunjungan destinasi Candi Borobudur, Prambanan, Keraton Ratu Boko dan Teater Pentas Ramayana bisa mencapai 244 ribu wisatawan atau naik sebesar 37 persen dari 2023 lalu," tutup Dimas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Keamanan Wilayah di Jateng Dinilai Kondusif, Investor Terus Berdatangan

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement