Advertisement

Puluhan Bus Memadati Terminal Semin Gunungkidul

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 12 April 2024 - 12:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Puluhan Bus Memadati Terminal Semin Gunungkidul Aktivitas kendaraan yang melintas di gapura batas kota di Kalurahan Logandeng, Playen. Kamis (21/9/2023). (Harian Jogja - David Kurniawan)

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul mencatat ada sebanyak 23 kendaraan bus yang siaga di Terminal Semin per Kamis (11/4/2024). Kendaraan tersebut siaga untuk melayani arus balik.

Kepala Seksi Terminal Bidang Angkutan dan Terminal Dishub Gunungkidul, Nurwijayanto mengatakan total kendaraan datang baik AKAP lambat maupun AKAP cepat mencapai 11 bus. Sedangkan, total kendaraan berangkat mencapai 12 bus. Dengan begitu, ada 23 bus yang berada di Terminal Semin kemarin.

Advertisement

Dari arus kedatangan, bus tersebut membawa 32 penumpang. Kemudian, dari arus keberangkatan bus tersebut membawa 65 penampung.

Apabila membandingkan dengan dua hari sebelum Hari Raya Idulfitri, jumlah bus yang datang cukup banyak mencapai total 36 bus dengan penumpang 169 orang. Sedangkan, kendaraan datang mencapai 48 bus dengan 73 orang.

“Arus kendaraan akan mulai ramai lagi sekitar tanggal 14 April dan 15 April soalnya sudah masuk arus balik,” kata Nurwijayanto dihubungi, Jumat (12/4/2024).

Baca Juga

Ruas Jalan Semin-Ngawen Rusak Parah, Warga Berharap Segera Diperbaiki

Jalur Depan Pasar Semin Gunungkidul Diusulkan Jadi 2 Arah

Gelombang Pantai Baron Gunungkidul Naik 2 Meter, Wisatawan Harus Waspada

Terminal Semin dapat menampung sampai sekitar 40 bus AKAP. Sedangkan, bus angkutan perdesaan (angkudes) justru sepi. Situasi ini telah berlangsung sejak lama. Data yang dicatat Dishub pun menunjukkan sejak (1/4/2024) sampai (11/4/2024) tidak ada angkudes yang masuk Terminal Semin.

Nurwijayanto menambahkan bus yang masuk ke Terminal Semin hanya dibebani biaya parkir sebesar Rp5.000 per hari. Namun, dia menyampaikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul sedang merancang Perda untuk retribusi bus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

TMMD Tahap II 2024 Digelar di Mergangsan

TMMD Tahap II 2024 Digelar di Mergangsan

Jogjapolitan | 11 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Israel Tetap Serang Rafah Meski Tanpa Bantuan AS

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Unik, Glamping Kapal Selam Ini Ternyata Bekas Sekoci Kapal Tanker

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement