Advertisement

Volume Sampah Lebaran di Kulonprogo Mencapai 38 Ton Per Hari, Terbanyak Ada di Pasar

Triyo Handoko
Rabu, 17 April 2024 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Volume Sampah Lebaran di Kulonprogo Mencapai 38 Ton Per Hari, Terbanyak Ada di Pasar Suasana pemantauan petugas UPT Persampahan Kulonprogo terhadap lonjakan sampah di Pasar Wates, Rabu (17/4/2024). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Volume sampah sampah selama libur Lebaran di Kulonprogo lalu melonjak dari biasanya. Jika di hari biasa volume sampah berkisar 32 ton per hari, meningkat menjadi 38 ton per hari. Pantuan UPT Persampahan Kulonprogo menyebut kebanyakan sampah yang melonjak terjadi di pasar-pasar di Bumi Binangun.

Meskipun volume sampahnya melonjak, Kepala UPT Persampahan Kulonprogo Budi Purwanta memastikan semuanya terkondisi dengan baik. "Mulai kemarin sudah diangkut dan terkondisikan dengan baik, terutama yang berada di pasar-pasar," katanya, Rabu (17/4/2024).

Advertisement

Budi menjelaskan tumpukan sampah dalam momen Lebaran ini terjadi di pasar-pasar karena masyarkat membuangnya ke sana. "Pantuan kami yang banyak tumpukan malah di pasar, meskipun pasar-pasar tutup tapi ternyata masyarakat membuangnya ke sana," kata dia.

Terkondisikannya sampah pada musim libur Lebaran ini, jelas Budi, lantaran semuanya diarahkan ke zona baru TPA Banyuroto. "Zona 2, TPA Banyuroto ini volumenya masih banyak jadi mudah terkondisikan sampah-sampah yang ada," terangnya.

BACA JUGA: Volume Sampah Lebaran Naik, TPA Piyungan Tidak Tambah Kuota Pembuangan

Untuk area perkotaan Wates, lanjut Budi, tumpukan sampah yang ada juga tak begitu banyak. "Hanya melonjak enam ton dari biasanya ini masih normal, termasuk yang di kawasan perkotaan Wates tidak ada yang sampai mengganggu," jelasnya.

Sementara ini, TPA Banyuroto yang menampung seluruh sampah dari Bumi Binangun juga tidak menerima sampah dari luar daerah sehingga mencukupi kebutuhan yang ada. "Kapasitasnya masih mencukupi kebutuhan 56 ribu meter kubik di zona baru ini ditambah sedang tidak menerima sampah dari luar daerah." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Daftar Terbaru 17 Bandara Internasional di Indonesia

News
| Selasa, 30 April 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement