Advertisement

Tingkatkan Kesertaan KB Pria, Perwakilan BKKBN DIY Selenggarakan Lomba Kelompok KB Pria

Media Digital
Kamis, 18 April 2024 - 17:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Tingkatkan Kesertaan KB Pria, Perwakilan BKKBN DIY Selenggarakan Lomba Kelompok KB Pria Perwakilan BKKBN DIY mengadakan Lomba Kelompok KB Pria di Ruang Kencana, Perwakilan BKKBN DIY pada Kamis (18/4 - 2024). Istimewa

Advertisement

JOGJA—Merespons belum maksimalnya kesertaan KB Pria, Perwakilan BKKBN DIY mengadakan Lomba Kelompok KB Pria di Ruang Kencana, Perwakilan BKKBN DIY pada Kamis (18/4/2024). 

Kegiatan ini selain bertujuan meningkatkan kesertaan KB Pria juga bertujuan memberikan penghargaan kepada kelompok KB pria atas kontribusi aktif dan dedikasinya dalam program KB pria. Tujuan lain dari kegiatan ini adalah meningkatkan komitmen kelompok KB pria dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

Advertisement

“Kelompok KB Pria diharapkan juga dapat berperan dalam mencegah 4 Terlalu melalui pemberian edukasi,” harap Ritamariani selaku Kepala Perwakilan BKKBN DIY dalam sambutannya.

Pencegahan 4 Terlalu sangat berperan terhadap kesehatan ibu dan anak utamanya terkait stunting yang menjadi isu nasional. Ritamariani menambahkan bahwa target angka stunting di DIY adalah 14% pada tahun 2024.

“Dari lima kabupaten/kota yang ada di DIY, hanya Kota Jogja yang sudah mencapai target tersebut,” imbuh Ritamariani.

Berdasarkan data Sistem Informasi Keluarga (SIGA) BKKBN, capaian KB Pria di DIY pada 2023 berada di atas capaian nasional yaitu sebesar 13,84%. Angka ini terdiri dari kesertaan KB kondom sebesar 13,41% dan Metode Operasi Pria (MOP)/ vasektomi sebesar 0,43%.

Meskipun capaian KB pria di DIY berada di atas angka nasional, capaian tersebut masih belum mencapai target 29,01%.

Dalam paparan materi yang dilakukan oleh masing-masing kelompok KB Pria didapatkan kurangnya kesertaan KB pria salah satunya karena masih ada pandangan bahwa KB adalah urusan wanita. Bahkan, banyak di antara istri yang justru tidak mengizinkan suaminya mengikuti MOP. Solikhin selaku Ketua Kelompok KB Pria Guyub Rukun, Gamping, Sleman mengungkapkan banyak istri yang khawatir suaminya mengikuti MOP. Hal ini dikarenakan istri khawatir suaminya tidak setia sebagai kondisi dari keikutsertaannya sebagai akseptor MOP.

Selain Kelompok KB Pria Guyub Rukun Kabupaten Sleman, terdapat 4 kelompok KB Pria yang juga mengikuti kegiatan ini antara lain Kelompok KB Pria Kokoh Kabupaten Kulon Progo, Kelompok KB Pria Gading Sentoso Kabupaten Bantul, Kelompok KB Pria Ontorejo Kota Yogyakarta, dan Kelompok KB Pria Watu Sigar Kabupaten Gunungkidul.

Melalui kegiatan ini juga dilakukan pendalaman profil yang telah dikirimkan oleh masing-masing perwakilan kabupaten/kota oleh Tim Juri yang terdiri dari Sakti R. Brodjonegoro (Perkumpulan Kontrasepsi Mantap Indonesia/PKMI dan provider RSUP Dr. Sardjito), Budi Sartono (Dinas P3AP2 DIY), Susilo Widodo (Ketua Kelompok KB Pria Satriyo Widodo, Sleman dan Pemenang Nasional Lomba Kelompok KB Pria Tahun 2023), Danarto S.Y. (Tim Kerja Hubungan Antar Lembaga, Advokasi, dan Kehumasan Perwakilan BKKBN DIY), dan M.Z. Fathurachman (Ketua Tim Kerja Akses Kualitas Pelayanan KB dan Kespro Perwakilan BKKBN DIY).

Pemenang dari kegiatan ini akan mewakili DIY dalam Lomba Kelompok KB Pria Tingkat Nasional Tahun 2024 yang dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 Tahun 2024. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Komisaris HAM PBB Prihatin dengan Sikap Polisi AS yang Membubarkan Aksi Mahasiswa Pro Palestina

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement