Advertisement

Pilkada 2024, Sutrisna Wibawa: Pemerataan Pendidikan Jadi Modal Pembangunan Gunungkidul

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 18 April 2024 - 16:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pilkada 2024, Sutrisna Wibawa: Pemerataan Pendidikan Jadi Modal Pembangunan Gunungkidul Dosen Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), Sutrisna Wibawa sedang berada di Gedung Pusat UST, Kota Jogja, Kamis (18/4/2024). Mantan Rektor UNY tersebut mengaku akan ikut dalam Pilkada Gunungkidul 2024. Saat ini, Sutrisna masih menjalin komunikasi dengan partai lain terkait kemungkinan koalisi. Harian Jogja - Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa menyampaikan pemerataan pendidikan di Kabupaten Gunungkidul menjadi salah satu solusi pemajuan pembangunan Gunungkidul. Dia menekankan bahwa pembangunan sumber daya manusia (SDM) tidak kalah penting dengan infrastruktur fisik.

Komitmen Sutrisna terhadap pembangunan SDM telah dilakukan sejak 2020 ketika dia bersama Mantan Bupati Gunungkidul, Badingah menghadirkan Fakultas Vokasi di Semanu, Gunungkidul.

Advertisement

Dia berharap keberadaan Fakultas Vokasi UNY tersebut dapat memberi bekal pengetahuan dan utamanya skill kepada masyarakat sehingga dapat membangun daerah sendiri tanpa harus pergi ke luar daerah. Hal ini sangat membantu apabila masyarakat Gunungkidul memutuskan pergi ke luar daerah, ada keterampilan yang dibawa. Komitmen tersebut yang dia bawa dalam Pilkada 2024.

Tidak berhenti di situ, Sutrisna akan mengajak perguruan tinggi lain untuk menghadirkan fakultas khusus sebagai ruang mengembangkan diri.

Pria yang juga Dosen Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) tersebut mengaku keberadaan perguruan tinggi di Gunungkidul akan menggerakkan warga dari luar daerah, termasuk daerah yang berbatasan di Gunungkidul seperti Wonogiri dan Kalasan.

Lebih jauh, Sutrisna juga menaruh perhatian terhadap pemuda lain yang dapat diberi pelatihan tanpa jalur pendidikan formal. Dia menyebutnya dengan pelatihan vokasi. Tema pelatihan dapat fleksibel.

Baca Juga

Lepas Peserta Wisuda, Sutrisna Wibawa Beri Isyarat Bakal Mundur dari Rektor UNY dalam Waktu Dekat

Sutrisna Wibawa Dipastikan Maju Lagi di Pilkada Gunungkidul 2024, Ini Parpol yang PDKT

Masuk Radar PKB, Sutrisna Wibawa : Semua Masih Cair

Namun, pria asal Kapanewon Karangmojo tersebut menyoroti sektor pertanian, peternakan, dan perikanan yang belum optimal pengembangannya. Padahal, sektor tersebut menjadi basis ketahanan pangan utamanya di Gunungkidul.

Sektor tersebut terkendala keberadaan air. Sebab itu, dia memiliki rencana untuk membangun waduk. Hanya, dia masih mempelajari kemungkinan pembangunan tersebut. “Anak-anak Gunungkidul diberi porsi khusus untuk kuliah di Vokasi UNY. Sekarang masih, tapi saya tidak tahu persentasenya,” kata Sutrisna ditemui di Gedung Pusat UST, Kamis (18/4/2024).

Potensi lain yang perlu dikembangkan secara progresif yaitu pariwisata. Kawasan pantai perlu mendapat intervensi penataan kluster-kluster. Zonasi pariwisata juga perlu dipertegas dan dikembangkan akan ada pemerataan destinasi wisata. Dengan begitu, ketimpangan antarkawasan baik utara, tengah, dan selatan dapat dikurangi.

“Kalau perlu, kendaraan wisata disatukan dulu atau transit hub. Baru mereka didistribusikan ke kawasan wisata. Perlu penataan yang baik,” katanya.

Sutrisna juga menyoroti long stay wisatawan di kawasan wisata yang dapat dibuat lebih lama dengan menyediakan fasilitas sesuai kebutuhan dan sasaran. Pariwisata menjadi salah satu potensi besar di Gunungkidul.

Masyarakat Gunungkidul, kata Sutrisna memiliki kohesi sosial yang kuat. Budaya gotong royong dan saling sapa dalam keseharian menjadi modal utama mewujudkan kesejahteraan. Modal tersebut dapat membentengi dampak perkembangan zaman yang membawa budaya luar yang berpotensi merusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pendiri Sriwijaya Air Hendry Lie Terlibat Korupsi Timah Rp217 Triliun, Begini Respons Manajemen

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement