Advertisement

Pembangunan Akses Truk Sampah ke TPST Sendangsari Sleman Dipercepat

Newswire
Jum'at, 19 April 2024 - 17:47 WIB
Maya Herawati
Pembangunan Akses Truk Sampah ke TPST Sendangsari Sleman Dipercepat Foto Ilustrasi, Proses pengolahan sampah di TPST Tamanmartani di Kalurahan Tamanmartani, Kalasan. Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembangunan akses jalan menuju Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Sendangsari Minggir, Sleman terus dipercepat untuk meningkatkan kapasitas pengolahan sampah rumah tangga setiap hari.

"Kami terus menggenjot pembangunan akses truk pengangkut sampah di TPST Sendangsari Minggir agar dapat beroperasi dan mampu mengolah sampah secara optimal," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DHP) Kabupaten Sleman Epiphana Kristyani di Sleman, Jumat (19/4/2024).

Advertisement

Menurut dia, upaya tersebut juga untuk mengantisipasi jika nanti TPA Piyungan yang dikelola Pemda DIY di Kabupaten Bantul ditutup secara permanen.

"Saat ini di Sleman sudah mulai beroperasi TPST Tamanmartani di Sleman timur dan TPST Sendangsari di Sleman barat, namun untuk Sendangsari belum optimal karena masih tahap uji coba serta SDM dan peralatan yang relatif baru," katanya.

Selain itu, dalam upaya pengelolaan sampah, pihaknya juga akan segera membangun dua TPST di Sleman tengah untuk menampung sampah rumah tangga di wilayah itu.

BACA JUGA: Digelontor Danais Rp2,57 Miliar, 4 Kalurahan di Menoreh Ini Bakal Bangun Instalasi Air Bersih

"Namun yang lebih utama adalah kami terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar dapat mengelola sampah secara mandiri, baik di tingkat rumah tangga maupun lingkungan," katanya.

Ketua Komisi C DPRD Sleman Rahayu Widi Nuryani mendorong Pemkab Sleman agar segera mengoperasionalkan TPST Sendangsari Minggir sehingga permasalahan sampah di Kabupaten Sleman bisa teratasi.

"Setelah beroperasinya TPST Tamanmartani, kami harapkan agar TPST Sendangsari segera dioptimalkan agar dapat mengatasi sampah rumah tangga di Sleman jika TPA Piyungan ditutup permanen," katanya.

Menurut dia, pihaknya sudah mendapat informasi dari DLH Sleman bahwa TPST Sendangsari Minggir sudah beroperasi sejak 2 April 2024, hanya memang belum optimal karena SDM di TPST tersebut masih baru dan masih butuh pelatihan.

"Selain itu, akses jalan menuju TPST Sendangsari yang menjadi kendala, juga diharapkan segera bisa diselesaikan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menko Airlangga Isi Kuliah Tamu di LSE: Indonesia On-Track Capai Visi Indonesia Emas 2045

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement