Advertisement

Siap-siap Lur, Pemkab Kulonprogo Buka 90 Formasi CPNS dan PPPK untuk 205 Posisi, Berikut Rinciannya

Triyo Handoko
Jum'at, 19 April 2024 - 13:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Siap-siap Lur, Pemkab Kulonprogo Buka 90 Formasi CPNS dan PPPK untuk 205 Posisi, Berikut Rinciannya Ilustrasi ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemkab Kulonprogo akan membuka pendaftaran pegawai baru tahun ini. Rinciannya sebanyak 90 formasi untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan 205 posisi untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Menurut rencana pendaftaran dimulao akhir April ini.

Tiga sektor yang dibuka dalam lowongan pegawai Pemkab Kulonprogo ini antara lain tenaga kependidikan, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya. Proses pembukaan lowongan pegawai ini diurus oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BPPK) Kulonprogo.

BACA JUGA: Siap-siap! Kemenkes Akan Buka Lowongan 23.200 Formasi ASN, Ini Rinciannya

Kepala BPPK Kulonprogo Sudarmanto menjelaskan pihaknya sudah berkoordinasi langsung dengan Kementerian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terkait lowongan pegawai tersebut. "Maret kemarin kami turut langsung rapat Kementerian PANRB untuk lowongan ini," katanya, Jumat (19/4/2024).

Sudarmanto menerangkan Kementerian PANRB memberikan kuota formasi lowongan tersebut kepada Pemkab Kulonprogo. "Yang menentukan 295 posisi dengan penggolongan 90 formasi untuk CPNS dan 205 untuk PPPK ini adalah Kementerian PANRB," terangnya.

Kuota yang diberikan Kementerian PANRB itu, jelas Sudarmanto, ditindaklanjuti Pemkab Kulonprogo melalui koordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). "Kami konsultasi kuota 295 posisi ini akan diisi seperti apa karena dari Kementerian PANRB hanya memberikan kuota tanpa perincian," tuturnya.

Hasilnya, Pemkab Kulonprogo memutuskan kuota yang dibuka untuk pegawai baru itu untuk tiga sektor seperti di atas. "Untuk CPNS yang paling banyak diperuntukan untuk tenaga kesehatan dan teknis lainnya. Sedangkan PPPK untuk guru," ungkap Sudarmanto.

Advertisement

BACA JUGA: Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Sudarmanto menjelaskan sebelum mendapat kuota lowongan pegawai baru, Pemkab Kulonprogo sudah mengusulkan kebutuhan pegawai. "Yang kami usulkan juga tidak selisih banyak dengan kuota yang diberikan, ini kami sesuaikan dengan kebutuhan yang ada, terutama pegawai yang pensiun tahun ini," ujarnya.

Selain disesuaikan dengan kebutuhan, sambung Sudarmanto, jumlah lowongan yang ada juga disesuaikan dengan keuangan daerah. "Agar semaunya pas dan sesuai, pendaftaran masih kami koordinasikan dengan pusat yang rencananya April-Mei ini," paparnya.

BPPK Kulonprogo, tegas Sudarmanto, memastikan segala proses pemenuhan kuota lowongan pegawai Pemkab ini transparan dan akuntabel. "Semuanya bisa dipantau bersama, transparan dan akuntabel, tidak ada KKN [korupsi, kolusi, nepotisme] semuanya sesuai ketentuan yang ada," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menko Airlangga Isi Kuliah Tamu di LSE: Indonesia On-Track Capai Visi Indonesia Emas 2045

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement