Advertisement

Tol Jogja-YIA, Sosialisasi 1.880 Lahan Terdampak Mulai Dilakukan

Triyo Handoko
Rabu, 24 April 2024 - 19:47 WIB
Maya Herawati
Tol Jogja-YIA, Sosialisasi 1.880 Lahan Terdampak Mulai Dilakukan Suasana sosilisasi rencana pengukuran lahan terdampak Tol Jogja-YIA di Kalurahan Banguncipto, Kapanewon Sentolo yang diikuti puluhan warga terdampak pada Rabu (24/4/2024). - Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Progres pembangunan Tol Jogja-YIA memasuki babak baru yaitu sosialisasi rencana pengukuran lahan terdampak. Sosialisasi ini dilakukan di tujuh kalurahan pada tahap pertamanya dan akan dilanjutkan ke 11 kalurahan lain setelahnya, total ada 18 kalurahan dengan 1.880 bidang tanah yang terdampak di Kulonprogo.

Salah satu kalurahan yang terdampak dan sudah mendapatkan sosilisasi pengukuran adalah Kalurahan Pengasih, Kapanewon Pengasih, Kulonprogo pada Selasa (23/4/2024) kemarin. Sedangkan pada Rabu (24/4/2024) ini dilakukan sosilisasi di Kalurahan Banguncipto, Kapanewon Sentolo.

Advertisement

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembebasan Lahan Tol Jogja-Solo, termasuk ruang Jogja-YIA, Dian Ardiansyah menerangkan sosialisasi ini sebagai tindak lanjut dari Izin Penetapan Lokasi (IPL) yang sudah diterbitkan Gubernur DIY. "Selain itu sudah diterbitkannya seluruh IPL, kami juga sudah menginventarisir dan mengidentifikasi lahan-lahan yang terdampak, selanjutnya pengukuran lahan terdampak itu," katanya Rabu (24/4/2024).

Dian menjelaskan pengukuran lahan terdampak Tol Jogja-YIA akan dilakukan mulai 2 Mei nanti. "Sekarang masih disosialisasikan untuk tahap pertama ke tujuh kalurahan, setelahnya akan disosialisasikan ke kalurahan lain yang terdampak," jelasnya.

Pengukuran lahan terdampak tol ini, menurut Dian, akan dipimpin oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kulonprogo di mana sudah dilakukan pembentukan tim panitia pengadaan tanah (P2T). "Tim yang dibentuk ini nanti dipimpin  Kepala Kantor Pertanahan Kulonprogo," ungkapnya.

BACA JUGA: Kereta Api Terlambat, Daops 6 Yogyakarta Minta Maaf

TIM P2T yang akan bertugas nantinya, jelas Dian, akan dibagi dalam dua kelompok. "Ada yang melakukan pengukuran, ada juga yang melakukan pemberkasan," katanya.

Dian memprediksi jumlah bidang tanah yang sudah didata sebanyak 1.880 lahan terdampak Tol Jogja-YIA itu akan bertambah saat pengukuran nantinya. "Kemungkinan bisa bertambah karena mungkin di lokasi sudah ada pemecahan bidang, nanti akan terdata semuanya melalui pengukuran ini," katanya.

Sedangkan Lurah Banguncipto, Boiran menjelaskan sosilisasi pengukuran lahan di kelurahannya berjalan lancar. "Kami bagi dalam dua klaster, yaitu siang dan sore, karena warga yang terdampak di kalurahan kami cukup banyak," ucapnya.

Boiron menyebut sudah mendata fasilitas umum yang terdampak Tol Jogja-YIA, yaitu dua musala dan dua gedung PAUD. "Nanti fasilitas umum ini akan direlokasi, administratifnya sedang diurus karena sebagian tanah wakaf dan tanah kas desa," katanya.

Secara umum lahan yang terdampak di Kalurhan Bnaguncipto, sambung Boiran, ada 536 bidang tanah bentuknya beragam seperti lahan pertanian, rumah, dan bangunan lainnya. "Harapan warga yang disampaikan itu agar segera ada kejelasan, terutama yang rumahnya terdampak agar bisa segera relokasi," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement