Advertisement

Petahana Berpeluang Maju Bareng di Pilkada Gunungkidul, Bupati Sunaryanta: Semua Tergantung Partai

David Kurniawan
Kamis, 25 April 2024 - 14:07 WIB
Maya Herawati
Petahana Berpeluang Maju Bareng di Pilkada Gunungkidul, Bupati Sunaryanta: Semua Tergantung Partai Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Peluang calon petahana untuk maju di Pilkada Gunungkidul sangat terbuka lebar. Pasalnya, baik Bupati Sunaryanta atau Wakil Bupati Heri Susanto telah menyatakan minat maju dikarenakan telah mendaftar dalam penjaringan yang dibuka DPD Partai Golkar Gunungkidul.

Meski demikian, peluang keduanya bisa maju bersama masih tanda tanya. Sebagai contoh saat pengembalian berkas pendaftaran pada Rabu (25/4/2024) petang, Bupati Gunungkidul Sunaryanta menjawab tidak memiliki kewenangan menentukan calon pendamping di pilkada.

Advertisement

Ia berdalih, Keputusan calon yang diusung bergantung dengan keputusan dari partai politik. “Sering saya katakan, saya tidak memiliki kekuatan. Kewenangan sepenuhnya berada di ketua-ketua partai. Jadi, saat ada partai yang membuka pendaftaran, maka saya ikut mendaftar,” katanya, Rabu petang.

Menurut dia, bisa saja dirinya kembali dipasangkan dengan Wakil Bupati Heri Susanto di Pilkada 2024. Namun, juga tidak menutup kemungkinan pisah jalan karena semua tergantung dengan Keputusan partai politik yang akan mengusung.

“Saya mau dipakai atau dibuang bisa saja. Saya mau dipersatukan dengan si A dan si B bisa atau dipisahkan dengan siapa juga bisa. Semua sangat bergantung dengan keputusan partai,” katanya.

Disinggung mengenai pendaftaran penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati di partai lain, Sunaryanta mengakui menjalin komunikasi dengan baik. Oleh karenanya, ia siap mendaftar ke partai lain pada saat ada penjaringan calon bupati dan wakil bupati Gunungkidul. “Saya terbuka dan siap mendaftar ke partai lain,” katanya.

BACA JUGA: Sheila on 7 Bikin Konser di Medan, Pertumbuhan Sektor Pariwisata di Sumut Ikut Subur

Ketua DPD Partai Golkar Gunungkidul, Heri Nugroho mengatakan, pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati sudah ditutup. Total ada sebelas orang yang mengikuti penjaringan.

“Dari sebeleas ini termasuk bakal calon petahana Bupati Sunaryanta dan Wakil Bupati Heri Susanto ikut mendaftar,” kata Heri.

Adapun sembilan nama lain yang mendaftar di antaranya, akademisi Supriyadi, pegiat LSM Dadang Iskandar, praktisi media Sugiyartono, Ketua Pemuda Muhammadiyah DIY, Muhammad Arif Darmawan. Selain itu ada juga kader internal Golkar, Anti Kumala Sari, Bankir Kurniawan Fahmi, pendamping PKH Anggi Tyas Pramudita dan Politikus PAN, Mahmud Ardi Widanto.

“Hasil akan kami komunikasikan ke DPD Golkar DIY kemudian diteruskan DPP. Untuk penetukan mutlak di DPP,” katanya. Mengenai potensi bakal calon petahana, Heri mengakui tidak ada perlakukan khusus. Menurut dia, seluruh bakal calon yang mendaftar memiliki peluang yang sama. “Survei di internal akan sangat menentukan siapa yang akan diusung,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement