Advertisement

Dapat Bantuan Dana Rp14 Miliar, Ini Ruas Jalan yang Akan Diperbaiki Pemkab Gunungkidul

David Kurniawan
Kamis, 25 April 2024 - 17:47 WIB
Ujang Hasanudin
Dapat Bantuan Dana Rp14 Miliar, Ini Ruas Jalan yang Akan Diperbaiki Pemkab Gunungkidul Sejumlah pengendara motor melintas di ruas jalan kabupaten di Padukuhan Tobong, Sambirejo, Ngawen. Dikarenakan keterbatasan anggaran yang dimiliki, ruas jalan yang rusak ini belum bisa diperbaiki. Kamis (25/4/2024). - Harian Jogja / David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul tahun ini mendapatkan bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat sebesar Rp14 miliar. Rencananya pagu ini digunakan untuk perbaikan dua ruas jalan kabupaten di Bumi Handayani.

Ruas ini di antaranya Jalan Nangsri-Karangasem di Kapanewon Wonosari dan ruas jalan di Kalurahan Salam, Patuk. Info berarti setiap ruas mendapatkan alokasi perbaikan sebesar Rp7 miliar.

Advertisement

Kepala Bidang Bina Marga, DPUPRKP Gunungkidul, Wadiyana mengatakan, program perbaikan jalan rusak di Gunungkidul terus dilakukan. Meski demikian, ia mengakui untuk tahun ini perbaikan lebih sedikit karena tidak ada alokasi dari APBD kabupaten.

“Untuk perbaikan besar tidak ada yang bersumber dari APBD. Adanya hanya perbaikan kecil-kecil karena anggaran pemkab difokuskan membiayai pilkada,” kata Wadiyana saat dihubungi, Kamis (24/4/2024).

Meski demikian, ia mengakui, upaya perbaikan terus diupayakan. Salah satunya dengan mengakses keberadaan pagu DAK dari Pemerintah Pusat.

Wadiyana tidak menampik di tahun ini mendapatkan alokasi sebesar Rp14 miliar. Rencananya, pagu tersebut digunakan perbaikan di dua ruas jalan kabupaten, dengan alokasi masing-masing Rp7 miliar.

BACA JUGA: 30 Persen Ruas Jalan Kawasan Wisata di Gunungkidul Butuh Perbaikan

“Yang diperbaiki menggunakan DAK adalah di Kapanewon Wonosari tepatnya di ruas Nangsri-Karangasem sepanjang tiga kilometer. Yang kedua adalah ruas di Kalurahan Salam, Patuk dengan Panjang juga tiga kilometer,” katanya.

Menurut dia, saat ini masih dalam proses lelang untuk menentukan rekananan yang akan mengerjakan. Diharapkan segera selesai dan bisa secepatnya dikerjakan.

“Masih dalam proses dan harapannya semua dapat berjalan dengan lancar,” kata Wadiyana.

Terpisah, Anggota DPRD Gunungkidul dari Fraksi Gerindra, Maryanta mengatakan, infrastruktur merupakan salah satu elemen penting yang harus benar-benar diperhatikan. Ia tidak menampik, hingga sekarang masih banyak jalan di Bumi Handayani yang mengalami kerusakan.

“Bukan hanya jalan umum, tapi ada juga jalan menuju lokasi pariwisata yang keadaannya rusak parah,” katanya.

Menurut dia, pemkab harus bisa menentukan skala prioritas untuk perbaikan dikarenakan anggaran yang dimiliki masih terbatas. Ia menyarankan, salah satu yang mendesak diperbaiki adalah jalur menuju destinasi wisata, khususnya di Kawasan Pantai.

Jalur ini dianggap menjadi prioritas karena untuk memberikan kemudahan bagi para wisatawan. Di sisi lain, pemkab juga telah menaikan retribusi wisata.

“Jadi harus sepadan dan perbaikan jalur menuju wisata Pantai sangat diperlukan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Kasus DBD di Gunungkidul Mulai Menurun

Kasus DBD di Gunungkidul Mulai Menurun

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gobel Minta Jepang Ajari Smart Farming kepada Petani Muda Indonesia

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement