Advertisement

Pengusaha Bakpia Ramaikan Bursa Pilkada Jogja 2024

Ujang Hasanudin
Sabtu, 27 April 2024 - 10:07 WIB
Ujang Hasanudin
Pengusaha Bakpia Ramaikan Bursa Pilkada Jogja 2024 Ariyanto. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Seorang pengusaha bakpia sekaligus pegiat pariwisata Jogja, Ariyanto ikut meramaikan bursa Pilkada Kota Jogja 2024. Ia telah mengembalikan formulir pendaftaran sebagai bakal calon wakil wali kota Jogja di Partai Golkar dan partai Kebangkitan bangsa (PKB).

Ketua DPC PKB Kota Jogja, Solihul Hadi dan politikus PKB Rochmat Mujari membenarkan terkait pendaftaran Arya Ariyanto. Solihul Hadi mengatakan bahwa Arya Ariyanto merupakan salah satu dari tiga nama yang telah masuk dalam  penjaringan dan penilaian calon wali kota dan calon wakil wali kota Jogja.

Advertisement

“Sampai hari ini sudah ada tiga nama termasuk Pak Arya,” katanya. Sementara nama-nama lainnya Solihul Hadi belum bisa menyampaikan karena masih dalam proses penjaringan.

“Ini masih dalam tahap penjaringan,” ujarnya. Ia memastikan partainya terbuka bagi siapapun untuk mendaftar sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota Jogja untuk pilkada serentak 2024 mendatang.

Ia mengklaim PKB Jogja memiliki basis kultural yang kuat di Bumi Mataram. Selain membuka penjaringan bakal calon, PKB juga tengah menjalin komunikasi dengan partai lainnya untuk koalisi dalam mengusung bakal calon nantinya.

Ketua DPD Partai Golkar Kota Jogja, Agus Mulyono mengatakan hingga hari terakhir batas pengembalian berkas penjaringan ini, ada lima orang yang mengembalikan berkas pendaftaran. Kelima orang tersebut, yakni Heroe Poerwadi Muhammad Afnan Hadikusumo, Singgih Raharjo, Arya Ariyanto, dan Agus Mulyono.

BACA JUGA: Heroe Poerwadi Kumpulkan Berkas Pendaftaran Cawali ke DPD Golkar Kota Jogja

BACA JUGA: Pj Walikota Jogja Singgih Raharjo Maju Pilkada, Begini Respons Pemda DIY

Sementara itu, Ariyanto saat memastikan tekadnya untuk ikut dalam proses pemilihan wali kota dan wakil wali kota Jogja di Pilkada Jogja 2024 mendatang. Ia menyampaikan keikutsertaannya dalam bursa Pilkada jogja karena dorongan sejumlah elemen termasuk organisasi masyarakat (Ormas) di Kota Jogja.

“Pertama ada desakan dari beberapa ormas,” ungkapnya ketika ditanya alasan ikut dalam bursa Pilkada Jogja 2024, Sabtu (27/4/2024). Namun ia enggan menyebutkan ormas yang mendorongnya tersebut.

Selain itu alasan pria yang akrab disapa Arya ini mencalopnkan diri dalam pilkada  ini ingin memajukan UMKM dan pariwisata di Kota Jogja. “Insya Allah apa yang sekarang saya lakukan di bidang pariwisata dan UMKM,” ucapnya.

Ariyanto merupakan salah satu pengusaha bakpia Jogja kembali (Jogkem). Bakpia yang berdiri sejak 2017 lalu itu kini sudah memiliki empat cabang di Jogja. Sebelumnya Ariyanto juga sempat terlibat dalam bisnis bakpia Sumadigdo.

Selain usa bakpia, pria kelahiran Bojonegoro 1975 ini juga memiliki sejumlah usaha di bidang kuliner. Di luar aktiviats bisnisnya, ia juga aktif di Himpunan pengusaha Pribumi (HIPPI) DIY dan juga Kamar Dagang Indonesia (kadin) DIY, Lembaga Barisan Muda Wirausaha Indonesia, dan juga penasehat Jaringan Pendamping Kebijakan Pemerintah Kota Jogja.

Ariyanto juga aktif di Dosen Poltek API Jogja dan dosen tetap di UBSI Jogja. Kemudian, Ariyanto juga didaulat sebagai team travel dialog Dinas Pariwisata Sleman dan Jogja untuk promosi pariwisata, dan team pendamping dan pengelolaan desa wisata dan kampung desa wisata di DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pimpinan Mahkamah Agung Diduga Traktir Pengacara, KY Tindaklanjuti Laporan

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement