Advertisement

Menhub Budi Karya Ajak Masyarakat Manfaatkan Kereta Bandara YIA

Ujang Hasanudin
Sabtu, 27 April 2024 - 12:27 WIB
Ujang Hasanudin
Menhub Budi Karya Ajak Masyarakat Manfaatkan Kereta Bandara YIA Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadisaat mengecek Stasiun Kereta Bandara YIA dan ikut melakukan perjalanan ke Stasiun Tugu Jogja sembari menyapa penumpang, Jumat (26/4/2024). - Kemenhub

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kereta bandara ketika ingin mengakses bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo.

Hal itu disampaikan Budi Karya Sumadi saat mengecek Stasiun Kereta Bandara YIA dan ikut melakukan perjalanan ke Stasiun Tugu Jogja sembari menyapa penumpang, Jumat (26/4).

Advertisement

“Saya mengajak masyarakat untuk menggunakan kereta bandara YIA. Angkutan massal ini dibangun pemerintah untuk memudahkan dan mempercepat pergerakan masyarakat dari dan menuju bandara,” ujarnya dikutip dari alamn resmi Kementerian perhubunagn, Sabtu (27/4/2024).

Budi Karya Sumadi mengatakan penggunaan kereta api dari Stasiun Tugui Jogja menuju Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) atau sebaliknya, mengefisienkan waktu perjalanan penumpang.

“Untuk waktu tempuh Kota Yogyakarta-Bandara YIA mencapai sekitar 90 menit menggunakan kendaraan darat. Jika, menggunakan KA Bandara YIA, waktu tempuh hanya sekitar 40 menit,” kata Budi dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Dalam satu hari, Budi mengungkapkan, Kereta Bandara YIA melakukan perjalanan sebanyak 21 kali pulang pergi (PP). Adapun stasiun yang dilewati antara lain Stasiun Wates dan Stasiun Yogyakarta.

Menhub menyebut YIA telah memiliki integrasi antar moda yang sangat baik, karena memiliki memiliki akses transportasi yang beragam seperti bus Damri dan kereta bandara.

BACA JUGA: Jadwal Kereta Bandara YIA Sabtu 27 April 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Budi juga sempat meninjau terminal keberangkatan, ruang tunggu penumpang, serta area komersil. Menhub mengatakan YIA dapat merepresentasikan Yogyakarta dan Indonesia di mata dunia.

“Di sini ada instalasi seni, pertunjukan kesenian, musisi, seniman tari, hingga produk-produk lokal unggulan. Yogyakarta International Airport akan menjadi showcase Yogyakarta dan Indonesia di mata dunia,” ujar Menhub.

Saat ini, lanjut Budi mengatakan, YIA melayani 14 rute domestik dan dua rute internasional. Namun, ia tidak menyebutkan secara rinci rute penerbangan tersebut.

Lebih lanjut Budi mengatakan pada angkutan Lebaran 2024, Bandara YIA terdapat 1.652 penerbangan. Angka tersebut naik dibanding 2023 yang tercatat 1.615.

“Adapun jumlah penumpangnya terhitung 240.648 orang. Angka tersebut naik bila dibandingkan dengan jumlah penumpang pada 2023 sebesar 231.816,” tambah Budi.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Direktur Utama PT. Angkasa Pura I Indah Preastuty, General Manager PT. Angkasa Pura I YIA Ruly Artha, serta Kepala Daerah Operasi 6 KAI Yogyakarta Bambang Respationo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement