Advertisement

30 Persen Pengguna KRL Jogja-Solo Beli Tiket Lewat Go Transit

Sunartono
Sabtu, 27 April 2024 - 23:07 WIB
Sunartono
30 Persen Pengguna KRL Jogja-Solo Beli Tiket Lewat Go Transit Para pengguna KRL Jogja-Solo kian dimudahkan dengan berbagai layanan online untuk pembelian tiket. Masyarakat bisa memesan tiket KRL sekaligus angkutan menuju stasiun lewat fitur Go Transit yang diklaim mencapai 30 persen dalam setahun terakhir. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Para pengguna KRL Jogja-Solo kian dimudahkan dengan berbagai layanan online untuk pembelian tiket. Masyarakat bisa memesan tiket KRL sekaligus angkutan menuju stasiun lewat fitur Go Transit di aplikasi Gojek.

Pembelian tiket KRL Jogja-Solo lewat aplikasi ini diklaim mencapai 30 persen dalam setahun terakhir. "GoTransit pengguna KRL Jogja - Solo bisa membeli tiket melalui aplikasi Gojek, terbukti setahun lebih, 30 persen dari pembelian tiket KRL melalui aplikasi Gojek," kata Presiden Gojek, Unit Bisnis On-Demand Service GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo, saat Peresmian Ekspansi Fitur GoTransit untuk Dukung Perjalanan Solo-Jogja, di Ndalem Prangwedanan, Pura Mangkunegaran Solo, Sabtu (27/4/2024).

Advertisement

BACA JUGA : Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Kamis 25 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Berdasarkan data Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM 2023 mencatat pengguna GoTransit dapat menghemat waktu tempuh perjalanan sebesar 15 persen serta menghemat biaya hingga 27 persen dibanding pola perjalanan sebelumnya.

Catherine menyebut fitur ini terintegrasi, solusi pertama di dunia yang menghubungkan perjalanan ride-hailing dan transportasi publik. Inovasi ini merupakan komitmennya dalam mendukung program Pemerintah menyediakan layanan transportasi umum yang mudah diakses dan nyaman.

Data internal Gojek selama 2023 menunjukkan, terdapat variasi tren perjalanan pengguna Commuter Line Jogja-Solo yang memanfaatkan layanan Gojek setiap harinya. Saat hari kerja, layanan menghubungkan dengan area perkantoran hingga sekolah dan kampus.

"Sedangkan di akhir pekan, tempat yang berkaitan dengan pariwisata seperti area perhotelan hingga sentra belanja seperti Pasar Gede dan Pasar Klewer lebih mendominasi. Kami berharap dapat turut mendukung pertumbuhan ekonomi di Solo dan Jogja berkat adanya kemudahan mobilitas," ujarnya.

Pengageng Praja Mangkunegaran, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X menilai kolaborasi ini memberi dampak yang luas untuk kebaikan transportasi publik dan kemudahan layanan masyarakat. Termasuk memudahkan juga untuk mengenalkan destinasi wisata maupun budaya.

"Memudahkan juga promosi, meningkatkan awarness. Harapan saya bisa membentuk kultur menggunakan transportasi umum," ujarnya.

BACA JUGA : Jadwal Lengkap KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 26 April 2024

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta, Taufiq Muhammad menyatakann potensi ekonomi Jogja-Solo, khususnya di bidang pariwisata sangat tinggi. Ia mengapresiasi terciptanya transportasi publik terintegrasi lewat, sehingga bisa mendorong peningkatan ekonomi kreatif di daerah. "Akses yang mudah merupakan modal awal yang penting untuk menciptakan perputaran ekonomi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kecelakaan Maut Bus Pengangkut Rombongan SMK Depok di Subang Diduga Rem Blong

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 00:07 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement