Advertisement

Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu, Lokasi dan Jam Buka

Ujang Hasanudin
Minggu, 28 April 2024 - 12:57 WIB
Ujang Hasanudin
Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu, Lokasi dan Jam Buka Museum Ullen Sentalu. - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu museum di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang cocok untuk dikunjungi saat musim liburan. 

Nama museum Ullen Sentalu adalah sebuah singkatan dari sebuah kalimat bahasa Jawa Ulating blencong sejatine tataraning lumaku. Kalimat tersebut bermakna nyala lampu blencong (lampu yang dipergunakan saat pertunjukkan wayang kulit) merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan.

Advertisement

Museum ini banyak mengisahkan tentang peradaban Kerajaan Mataram yang terpecah menjadi 4 keraton di Solo dan Yogyakarta, yaitu Kasunanan Surakarta, Kesultanan Yogyakarta, Praja Mangkunegaran, dan Kadipaten Pakualaman.

Para pengunjung yang datang ke Museum ini akan dapat melihat banyak lukisan dan foto bangsawan pada zaman tersebut, koleksi kain batik Solo dan Yogyakarta yang ternyata memiliki makna tersendiri, gamelan kuno, arca-arca budaya Hindu dan Budha, serta peninggalan lainnya.

Salah satu ruangan yang paling menarik di Museum Ullen Sentalu adalah Ruang Syair untuk Tineke. Tineke adalah nama Belanda putri Sunan Surakarta Pakubuwono XI. Mengalami patah hati yang luar biasa karena pria yang dicintainya dianggap tidak “sederajat” oleh orangtua, Putri Tineke menerima banyak surat cinta dan puisi penghiburan dari saudara dan teman. Anda dapat melihat isi surat-surat tersebut di ruangan ini.

BACA JUGA: Harga Tiket Masuk Terbaru dan Jam Buka Kids Fun Park Jogja

Museum Ullen Sentalu terletak di Jalan Boyong Kilometer 25, Kalurahan Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, DIY atau bagian utara 25 kilometer dari pusat kota Jogja. Untuk menuju museum ini dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Harga Tiket dan Jam Buka

Harga tiket masuk Museum Ullen Sentalu untuk Tur Adiluhung Mataram Rp50.000 dan Tur Vorstenlanden Rp 100.000. Dalam Tur Adiluhung Mataram pengunjung akan mengenal seni dan budaya Jawa dari keempat keraton di Surakarta dan Yogyakarta. Wisatawan akan menjelajahi dua area utama, yaitu Guwa Sela Giri dan Kampung Kambang.

Sedangkan Tur Vorstenlanden akan menceritakan masa emas Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta, serta mengenal akulturasi budaya Jawa, Belanda, dan Tionghoa. Pengunjung juga dapat melihat sejumlah koleksi masterpice Museum Ullen Sentalu. Selama tur, pengunjung akan diajak berkeliling tiga area, meliputi Jagad Gallery, Sasan Sekar Bawana, dan Esther Huis.

Museum Ullen Sentalu buka setiap hari, kecuali Senin. Jam buka Museum Ullen Sentalu dari Selasa hingga Minggu Pukul 08.30 WIB sampai Pukul 16.00 WIB. Khusus pengunjung rombongan akan mendapatkan diskon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Video Detik-detik Kecelakaan Bus SMK Lingga Kencana Depok Terekam saat Live TikTok Seorang Siswa, Teriakan Takbir Bergema

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 13:30 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement