Advertisement

Soal Pengelolaan Sampah, DPRD Beri Usulan Ini untuk Pemkot Jogja

Alfi Annisa Karin
Minggu, 28 April 2024 - 16:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Soal Pengelolaan Sampah, DPRD Beri Usulan Ini untuk Pemkot Jogja Kondisi Depo Mandala Krida yang penuh dengan sampah, Selasa (5/3/2024) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, GEDONGTENGEN— Persoalan sampah masih terjadi di Kota Jogja. Sebagian warga Kota Jogja bahkan harus rela menunggu dan antri di depo untuk membuang sampah saat truk sampah datang.

Wakil Ketua DPRD DIY Huda Tri Yudiana menyebut di satu sisi upaya Pemkot Jogja untuk menanggulangi persoalan sampah memang sudah terlihat. Namun, upaya itu disebut masih kurang keras digencarkan.

Advertisement

"Saya tahu Pemkot Jogja sudah melakukan upaya, saya kira upayanya kurang keras," ujar Huda, Minggu (28/4/2024).

BACA JUGA: Poster Ancaman Siksa Kubur bagi Pembuang Sampah Sembarangan Dikritik Walhi, Jadi Bentuk Lepas Tanggung Jawab

Huda mengatakan, menurutnya upaya yang kurang keras itu tampak dari Pemkot Jogja yang belum melakukan upaya pemusnahan sampah. TPS 3R yang selama ini dikebut pengerjaannya dan menjadi tumpuan Pemkot Jogja dalam mengolah sampah itu bagi Huda tak bisa memusnahkan sampah.

"Mana ada pemusnahan di TPS 3R. Ada TPS 3R itu kemudian dipilah segala macam, tapi ada sebagian yang tidak bisa diselesaikan dengan TPS 3R. Yang kita perlukan kan alat-alat pemusnahnya. Itu (TPS 3R) upaya, tapi kemudian untuk bisa memusnahkan sampah yang dari Kota Jogja itu harus dibikin alatnya," jelasnya.

Dia mendorong Pemkot Jogja untuk tak lagi mengandalkan TPA Piyungan. Dia juga mendesak Pemkot Jogja untuk mengaktifkan sistem, mulai dari tempat hingga teknologi yang bisa digunakan untuk memusnahkan sampah tanpa meninggalkan residu. Huda meminta Pemkot Jogja bisa lebih serius dalam menangani masalah persampahan.

"Kalau tempat segala macam kan bisa dikomunikasikan dengan Pemda DIY, pakai Sultan Ground atau pakai tempat yang di luar kota, kan bisa disiapkan. Tapi, problemnya yang kami minta adalah teman-teman di Kota Jogja ini serius mengambil langkah untuk membuat, menciptakan tempat pemusnahan sampah," tuturnya.

Huda mendorong Pemkot Jogja untuk mengambil aksi nyata. Sebab, TPA Piyungan tak bisa lagi menjadi tumpuan pembuangan sampah. Dia juga menambahkan isu sampah ini telah menjadi perhatian khusus sejak satu tahun lalu. Selama itu pula, pemerintah kabupaten dan kota seharusnya punya waktu untuk melakukan berbagai persiapan, baik dari sisi anggaran maupun persiapan lainnya.

"Semestinya Pemkot Jogja mengambil aksi nyata bukan aksi konten-konten saja, tapi aksi nyata membuat tempat pemusnahan sampah dengan APBD Kota Jogja. Jadi aksi nyata ini yang kita tunggu-tunggu sampai sekarang," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Wacanakan Pembubaran Sejumlah Lembaga Negara, Demi Efisien Jalannya Pemerintahan

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement