Advertisement

PKB Bantul Buka Penjaringan Pilkada 2024 Pekan Depan

Jumali
Minggu, 28 April 2024 - 11:27 WIB
Ujang Hasanudin
PKB Bantul Buka Penjaringan Pilkada 2024 Pekan Depan PKB. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Bantul akan membuka  pendaftaran bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati Bantul pada Pilkada 2024, pada pekan depan.

Pendaftaran balon bupati dan wakil bupati Bantul itu tidak hanya akan diikuti oleh balon hasil penjaringan internal, akan tetapi juga dari luar internal partai.

Advertisement

Sekretaris DPC PKB Bantul Subhan Nawawwi mengungkapkan, pihaknya telah menerima perintah dari DPP PKB terkait dengan pembukaan penjaringan balon bupati dan wakil bupati Bantul pada Pilkada 2024. Sesuai dengan surat dari DPP, penjaringan balon bupati dan wakil bupati dilakukan mulai 20 April 2024.

"Namun, untuk kami waktunya kemarin memang belum ditentukan. Yang jelas, nanti akan kami rapatkan lagi. Kemungkinan pekan depan ini. Ya, nanti kita buka lah selama dua sampai tiga hari," terang Subhan, Minggu (28/4/2024).

Nantinya untuk teknis pendaftaran, Subhan mengaku akan langsung ditangani oleh Dukungan Elemen Satuan Kerja (DESK) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) PKB Bantul. Untuk pendaftaran balon bupati dan wakil bupati tidak akan dipungut biaya sepeserpun. Oleh karena itu, semua warga bisa mendaftar, baik sebagai balon bupati maupun wakil bupati.

Pendaftaran offline, nantinya, kata Subhan, bisa langsung datang ke kantor DPC PKB Kabupaten Bantul. Selain itu, PKB juga membuka pendaftaran secara online, yakni dengan mengakses https://sicakada.pkb.id/ yang disediakan oleh DPP PKB.

BACA JUGA: Pendaftaran Ditutup, Ini 8 Nama yang Mendaftar Lewat Golkar di Pilkada Bantul 2024

Setelah pendaftaran, Subhan yang juga Wakil Ketua II DPRD Bantul ini mengungkapkan, tahapan yang akan dijalani adalah verifikasi berkas mulai 12 Mei 2024 sampai 15 Mei 2024. Setelah itu, akan ada UKK (uji kelayakan dan kepatutan) balon bupati dan wakil bupati mulai 6 Mei 2023 sampai 30 Mei 2024 di DPP PKB Jakarta.

Terkait dengan balon hasil penjaringan internal, Subhan menyatakan, sampai saat ini hanya ada satu nama yakni Abdul Halim Muslih. Bupati Bantul saat ini tersebut, menjadi satu-satunya kandidat balon bupati Bantul pada Pilkada 2024.

"Sebenarnya kemarin sempat muncul di bawah nama pak Aslam [Aslam Ridho, anggota DPRD DIY]. Tapi, saya juga telah bertemu dengan pak Aslam, katanya tidak bersedia. Artinya balon bupati yang ada hampir 100 persen mengerucut ke pak Halim," papar Subhan.

Pengerucutan nama ke Abdul Halim sebagai balon bupati Bantul bukan kali pertama. Pada Pilkada 2020 lalu, berdasarkan rapat internal, DPC PKB Bantul secara bulat mengusung Abdul Halim Muslih menjadi balon bupati Bantul. "Dan, memang pada Pilkada lalu, kami tidak membuka pendaftaran penjaringan juga," ucap Subhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kecelakaan Maut Bus Pengangkut Rombongan SMK Depok di Subang Diduga Rem Blong

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 00:07 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement